Evaluasi Usability pada E-Learning Menggunakan Metode Human Centered Design dan Usability Testing One Click Service SMK PGRI 3 Malang, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd.

Yuono, Erfan (2021) Evaluasi Usability pada E-Learning Menggunakan Metode Human Centered Design dan Usability Testing One Click Service SMK PGRI 3 Malang, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. dan Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMK PGRI 3 Malang merupakan salah satu SMK yang kejuruan yang sudah memanfaatkan teknologi informasi pada kegiatan belajar dan pembelajarannya. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan teknologi pembelajaran secara daring, dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet, yaitu dengan menggunakan LMS (Learning Management System) yang dikembangan oleh SMK PGRI 3 Malang itu sendiri (One Click Service). LMS One Click Service ini sering digunakan oleh siswa untuk melihat data dari tenaga pendidik, melihat hasil nilai belajar, dan fitur online drive yang sangat sering digunakan oleh siswa. Dari data yang dikumpulkan oleh peneliti terhadap siswa dengan melakukan wawancara, masih terdapat masalah pada penerapan LMS One Click Service ini. Masalah yang ditemukan lebih banyak terdapat pada fitur penting website One Click Service Ini diantaranya, kurangnya penjelasan detail setiap menu, penempatan tombol yang masih belum rapi, dan kurangnya penjelasan pada setiap fitur, konten yang ditampilkan pada menu one drive yang masih menjadi satu, tombol search ganda pada fitur one drive, sehingga menghambat kinerja siswa. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Human Centered Design sebagai pedoman untuk memberikan solusi perbaikan design usulan antarmuka website One Click Service SMK PGRI 3 Malang. Selain penggunaan metode Human Centered Design untuk pembuatan usulan design antarmuka, juga digunakan metode Usability Testing untuk mengevaluasi hasil design usulan antarmuka sebelum dilakukan perbaikan dan sesudah dilakukan perbaikan pada website One Click Service SMK PGRI 3 Malang. Parameter keberhasilan ini dibagi menjadi 3 aspek bagian, yaitu aspek efisiensi, aspek efektivitas, dan aspek kepuasan. Hasil dari pengujian menggunakan aspek efisiensi, aspek efektivitas, dan aspek kepuasan adalah sebagai berikut, untuk aspek efisiensi mengalami peningkatan sebesar 36%, aspek efektivitas dibagi menjadi 3 aspek, aspek kesuksesan mendapat rata-rata 67,2%, Non Critical Error 23,3% dan aspek Critical Error sebesar 9%. Kemudian pada aspek kepuasan mendapatkan skor sebesar 81,5 dengan kategori Acceptable.

English Abstract

SMK PGRI 3 Malang is one of the vocational vocational schools that has utilized information technology in its learning and learning activities. This is evidenced by the use of online learning technology, by utilizing internet-based learning media, namely by using an LMS (Learning Management System). Which was developed by SMK PGRI 3 Malang itself (One Click Service). LMS One Click Service is often used by students to view data from educators, see the results of learning scores, and thefeature online drive that is very often used by students. From the data collected by researchers on students by conducting interviews, there are still problems with the application of this LMS One Click Service. The problems found are mostly in the important features of thewebsite One Click Service, including the lack of detailed explanation of each menu, the placement of buttons that are still not neat, and the lack of explanation on each menu, the content displayed on themenu one drive is still one, thus hindering student performance. In this study, the authors used themethod Human Centered Design as a guideline to provide solutions to improve the design of theinterface proposal at One Click Service website SMK PGRI 3 Malang. In addition to the use of themethod Human Center Design for making interface design proposals, themethod is also used Usability Testing to evaluate the results of the design proposed interfacebefore repairs are made and after repairs are made on the One Click Service website of SMK PGRI 3 Malang. This success parameter is divided into 3 aspects, namely the efficiency aspect, the effectiveness aspect, and the satisfaction aspect. The results of the test using the efficiency aspect, the effectiveness aspect, and the satisfaction aspect are as follows, the efficiency aspect increased by 36%, the effectiveness aspect was divided into 3 aspects, the success aspect got an average of 67.2%, Non Critical Error 23.3 % andapsek Critical Error by 9%. Then on the satisfaction aspect, it gets a score of 81.5 with thecategory Acceptable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150081
Uncontrolled Keywords: Usability Testing, Human Centered Design, System Usability Scale (SUS)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:40
Last Modified: 24 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186376
[thumbnail of Erfan Yuono.pdf] Text
Erfan Yuono.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item