Perancangan dan Rekomendasi Proses Bisnis Berbasis Teknologi Informasi Pada Pasar Tradisional Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Pasar Oro-Oro Dowo Malang) , Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT dan Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom.

Nelaspaba, Dimounitif (2021) Perancangan dan Rekomendasi Proses Bisnis Berbasis Teknologi Informasi Pada Pasar Tradisional Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Pasar Oro-Oro Dowo Malang) , Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT dan Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Oro Oro Dowo Malang merupakan salah satu pasar tradisional dengan berbagai komoditas yang dijual oleh pedagang di pasar tersebut. Selain layanan transaksi penjualan dan pembelian, kegiatan operasional lainnya yaitu layanan Pengelolaan Pasar. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat kendala yang dihadapi yaitu belum optimalnya hasil retribusi pasar dikarenakan terdapat pedagang yang belum membayarkan retribusi sesuai nominal ketentuan yang berlaku dan sebagian besar kegiatan Pengelolaan Pasar masih belum memanfaatkan teknologi informasi. Maka, diperlukan analisis untuk mengetahui kondisi dari proses bisnis yang berjalan dan evaluasi untuk menemukan permasalahan serta perbaikan yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan proses bisnis. Pada penelitian ini proses bisnis dimodelkan dengan Business Process Modelling and Notation (BPMN) menggunakan Bizagi Modeler, kemudian evaluasi proses bisnis menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan 5 Why’s Analysis serta rekomendasi perbaikan proses bisnis menggunakan streamlining tools yang terdapat pada metode Business Process Improvement (BPI). Selanjutnya, dilakukan simulasi antara proses bisnis saat ini (as-is) dan proses bisnis rekomendasi (to-be) pada tingkat process validation dan time analysis untuk memvalidasi proses dan mengukur efektifitas dan efisiensi dari rekomendasi perbaikan yang diberikan. Hasil simulasi menunjukkan peningkatan efisiensi waktu pada proses bisnis. Peningkatan tertinggi pada proses bisnis Pembukuan Karcis Retribusi sebesar 97,6% atau pengurangan waktu sebesar 1 hari 48 menit 18 detik, sedangkan peningkatan terendah pada proses bisnis Pengurusan Izin Tempat Berjualan sebesar 0,25% atau pengurangan waktu sebesar 11 menit. Hal ini dapat terjadi karena dilakukan perbaikan dengan adanya perubahan dan penambahan aktivitas serta adanya pemanfaatan sistem informasi.

English Abstract

Oro Oro Dowo Market Malang is one of the traditional markets with various kinds of commodities on sale by traders in that market. Besides sales and purchase transaction services, other operational activities include Market Management services. However, in its implementation, there are problems faced, such as not optimal results of the market retribution because there are traders who have not paid fees according to the nominal provisions in force and most of the market management activities are still not utilizing information technology. Therefore, analysis is needed to determine the condition of the running business process and evaluation to find problems along with improvements that can be given to solve business process problems. In this study, business processes are modeled using Business Process Modeling and Notation (BPMN) using the Bizagi Modeler, then evaluating business processes using Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) and 5 Why's Analysis and recommendations for business process improvements using streamlining tools which contained in Business Process Improvement (BPI) method. Furthermore, simulation is carried out between the current business process (as-is) and the recommended business process (to-be) in the process validation and time analysis levels to validate the process and measure the effectiveness and efficiency of the recommendations for improvement. The simulation results show an increase in time efficiency in business processes. The highest increase in the Retribution Ticket Bookkeeping business process was 97.6% or a reduction in time of 1 day 48 minutes 18 seconds, while the lowest increase was in the Trading Place Permit Arrangement business process was 0.25%, or a reduction in time by 11 minutes. This can occur due to improvements made by changes and additional activities as well as the use of information systems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150077
Uncontrolled Keywords: proses bisnis, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), 5 Why’s Analysis, streamlining tools, simulasi proses bisnis, business process, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), 5 Why’s Analysis, streamlining tools, business process simulation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:24
Last Modified: 14 Mar 2022 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186365
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dimounitif Nelaspaba.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item