Analisis Faktor Hambatan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Studi Kasus: Kelas X SMK National Media Center Malang) , Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Wibisono Sukmo Wardhono, S.ST., M.

Pravitasari, Cristina (2021) Analisis Faktor Hambatan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Studi Kasus: Kelas X SMK National Media Center Malang) , Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Wibisono Sukmo Wardhono, S.ST., M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan pembelajaran yang menggunakan teknologi yang peserta didik dan pendidik tidak terbatas oleh ruang maupun waktu. Kebijakan belajar dari rumah dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan seluruh lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor hambatan dan besarnya hambatan yang dialami peserta didik serta pengaruhnya terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online berbasis skala Likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dengan korelasi product moment Pearson dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia SMK National Media Center Malang. Sampel penelitian yaitu 20% dari populasi dengan jumlah sampel 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan siswa dikelompokkan menjadi faktor internal dengan rata-rata hambatan sebesar 59,45% dan faktor eksternal dengan rata-rata hambatan sebesar 53,2%. Faktor internal terdiri dari pemahaman dengan rata-rata hambatan sebesar 57,9% dan konsentrasi dengan rata-rata hambatan konsentrasi sebesar 61%. Faktor eksternal terdiri dari fasilitas dengan rata-rata hambatan sebesar 51,4% dan lingkungan dengan rata-rata hambatan sebesar 55%. Terdapat pengaruh secara parsial antara faktor hambatan pemahaman dan konsentrasi terhadap pelaksanaan pembelajaran daring, sedangkan untuk fasilitas dan lingkungan tidak terdapat pengaruh parsial. Terdapat pengaruh simultan antara keempat faktor tersebut terhadap pelaksanaan pembelajaran daring.

English Abstract

Online learning is learning that uses technology that learners and educators are not limited by space or time. The learning from home policy during the coronavirus (Covid-19) pandemic has caused all educational institutions to carry out learning online. This study aims to identify the barrier factors and the magnitude of the obstacles experienced by students and their effects on the implementation of online learning. This study uses quantitative methods with descriptive and inferential statistical analysis. Collecting data using an online questionnaire based on the Likert scale which has been tested for validity and reliability. Validity test with Pearson product moment correlation and reliability test with Cronbach Alpha. The research subjects were students of class X Multimedia at SMK National Media Center Malang. The research sample is 20% of the population with a sample size of 37 students. The results showed that students' barriers were grouped into internal factors with an average resistance of 59.45% and external factors with an average resistance of 53.2%. Internal factors consist of understanding with an average resistance of 57.9% and a concentration with an average of 61% resistance. External factors consist of facilities with an average barrier of 51.4% and the environment with an average barrier of 55%. There is a partial influence between the factors of barriers to understanding and concentration on the implementation of online learning, while for facilities and the environment there is no partial effect. There is a simultaneous influence between these four factors on the implementation of online learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150071
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran daring, pengaruh, faktor, peserta didik, obstacle, online learning, influences, factors, students
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:41
Last Modified: 09 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186346
[thumbnail of Cristina Pravitasari.pdf] Text
Cristina Pravitasari.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item