Analisis Bakteri Selulolitik Sebagai Pendegradasi Serasah Pada Ekosistem Mangrove

Anis Fatulnur Fadilla, Rike (2021) Analisis Bakteri Selulolitik Sebagai Pendegradasi Serasah Pada Ekosistem Mangrove. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Ekosistem mangrove merupakan ekosisem yang produktif dan kompleks di dunia. Hal ini berhubungan dengan keberadaan bakteri selulolitik. Bakteri selulolitik ini mampu menguraikan atau mendegradasi selulosa yang terdapat pada serasah di ekosistem mangrove. Keberadaan bakteri selulolitik dapat bermanfaat dalam bidang manajemen sumberdaya perairan. Hasil dari kajian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang kemampuan bakteri selulolitik dalam mendegradasi serasah dan potensi pemanfaatan bakteri selulolitik dalam manajemen sumber daya perairan. Kajian Literatur ini diharapkan dapat menjadi dasar pengetahuan dalam pengelolaan dan pemanfaatan pada ekosistem mangrove yang berkelanjutan Jenis penelitian ini adalah kajian literatur, dimana obyeknya digali melalui berbagai informasi kepustakaan. Metode yang digunakan Systematic literature review dengan pendekatan meta sintesis dan meta agregasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dalam bentuk artikel penelitian publikasi yang didapatkan melalui penelusuran di Google, dengan database Google Scholar, SpringerLink, atau Science Direct dengan berbagai kata kunci “Cellulolytic bacteria, Cellulose degradation, Degradation of mangrove litter”. Analisis sumber pustaka ini dilakukan dengan mengidentifikasi poin penting dan diinterpretasikan sesuai dengan pemahaman penulis. Hasil yang didapatkan pada kajian literatur menunjukkan bahwa Biodegradasi merupakan salah satu upaya dengan pendekatan biologi yang prosesnya dengan menguraikan zat organik menjadi produk lebih sederhana dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme yang mampu mengatasi pencemaran lingkungan sepertinya halnya melimpahnya serasah pada ekosistem mangrove. Serasah yang digunakan dalam proses degradasi yaitu berupa daun, ranting, kayu lapuk dan tunas. Faktor yang mempengaruhi proses degradasi yaitu substrat, pH, sumber nitrogen, suhu dan kelembaban. Jenis bakteri yang tepat untuk proses biodegradasi adalah bakteri selulolitik atau bakteri pendegradasi selulosa. Beberapa bakteri yang digunakan sebagai pendegradasi selulosa yaitu Bacillus sp, Aeromonas sp, Pseudomonas sp, Micrococcus sp, Enterobacter sp dan Listeria sp. Kemampuan bakteri selulolitik dalam mendegradasi selulosa yaitu sekitar 70% dari produksi serasah atau tanaman yang terkunci dalam gula karbon 5 (C5) dan gula karbon 6 (C6). Adapun Pemanfaatan / potensi bakteri selulolitik dalam mendegradasi serasah dapat digunakan sebagai keperluan industri, konservasi lingkungan dan bioteknologi yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:44
Last Modified: 03 Oct 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186337
[thumbnail of Rike Anis Fatulnur Fadilla.pdf] Text
Rike Anis Fatulnur Fadilla.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item