Analisis Kualitatif Penggunaan Media Sosial Terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) . Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D dan Tibyani, S.T., M.

Damayanti, Anindya Agustina (2021) Analisis Kualitatif Penggunaan Media Sosial Terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) . Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D dan Tibyani, S.T., M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM agar dapat berkembang harus bisa meningkatkan penjualan dan pangsa pasarnya. Salah satu cara agar usaha dapat berkembang adalah dengan melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dengan lebih cepat dan mudah. Kemunculan media sosial dapat menjadi peluang yang sangat baik untuk UMKM karena penggunaan media sosial tidak membutuhkan modal yang besar dan berbagai manfaat juga dapat diperoleh apabila media sosial dapat digunakan secara maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana UMKM menggunakan media sosial untuk bisnis usahanya serta bisa menjadi referensi untuk membantu UMKM mempersiapkan penggunaan media sosial untuk pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara semi terstruktur kepada pengusaha bisnis UMKM yang menggunakan media sosial. Kemudian hasil wawancara dengan narasumber diubah menjadi data verbatim dengan membuat transkrip wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode thematic analysis. Terdapat enam tahapan untuk melakukan thematic analysis, yaitu familiarization, coding, generating themes, reviewing themes, defining and naming themes, dan writing up. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan lima kategori yang menjelaskan bagaimana UMKM menggunakan media sosial, yaitu individual feature, alasan penggunaan media sosial, alasan tidak menggunakan media sosial yang lain, hambatan dari penggunaan media sosial dan pengalaman kurang menyenangkan dari penggunaan media sosial.

English Abstract

MSMEs in order to grow must be able to increase their sales and market share. One way for businesses to grow is by doing digital marketing by utilizing social media. Social media can be used to market products or services more quickly and easily. The emergence of social media can be a very good opportunity for MSMEs because the use of social media does not require a large capital and various benefits can also be obtained if social media can be used to the maximum. This research was conducted with the aim to find out how MSMEs use social media for their business and can be a reference to help MSMEs prepare for the use of social media for marketing. Data collection is done by conducting semi-structured interviews to MSMEs business entrepreneurs who use social media. Then the results of the interview with the source are converted into verbatim data by creating a transcript of the interview. The collected data is then analyzed using thematic analysis method. There are six stages to do thematic analysis, familiarization, coding, generating themes, reviewing themes, defining and naming themes, and writing up. The conclusion of the results of the study was found five categories that explain how MSMEs use social media, namely individual features, reasons for using social media, reasons for not using other social media, barriers from the use of social media, and unpleasant experiences of social media use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150061
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, UMKM, Pemasaran Digital, Pemasaran Media Sosial, Analisis Tematik, Social Media, MSMEs, Digital Marketing, Social Media Marketing, Thematic Analysis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:14
Last Modified: 10 Oct 2024 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186307
[thumbnail of Anindya Agustina Damayanti.pdf] Text
Anindya Agustina Damayanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item