Pengembangan Antarmuka Website Awniraya Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. dan Kariyoto, Dr., S.E., M.M., Ak,CRA,C.

Nyata, Amirul Adila (2021) Pengembangan Antarmuka Website Awniraya Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. dan Kariyoto, Dr., S.E., M.M., Ak,CRA,C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Awniraya adalah sebuah perusahaan losgistik atau juga biasa disebut trading dan forwarding. Nuning Rahmawati selaku Direktur PT Awniraya menginginkan sebuah website yang baru untuk pengenalan perusahaan ke masyarakat luas. Dengan itu penelitian ini menggunakan metode Design Thinking dan akan menghasilkan desain solusi rancangan situs web berupa high fidelity prototype. Empathize, define, ideate, prototype, dan test adalah 5 tahapan dalam metode Design Thinking. Langkah awal empathize berupaya untuk memahami permasalahan stakeholder dan pengguna yang dipetakan dalam persona dan empathy map. Tahap define akan menghasilkan information architecture yang mana sebelumnya menentukan point of view bersama stakeholder dan proses pemetaan dengan card sorting. Tahap ideate menghasilkan wireframe yang dibuat berdasarkan information architecture dan design guideliness, selanjutnya menghasilkan user flow dan evaluasi kebutuhan stakeholder untuk saran dalam penyempurnaan. Tahap prototype, proses penyempurnaan dari wireframe menjadi high fidelity prototype. Yang terakhir adalah tahap testing, yaitu melakukan pengujian solusi desain dengan usability testing yang dilakukan kepada 2 kategori yang totalnya menjadi 10 responden. Kuisioner system usability scale diujikan untuk aspek satisfaction dan task scenario diujikan untuk aspek learnability, efficiency, dan error. Hasil pengujian adalah sebagai berikut, aspek efficiency menghasilkan 0.095 (task/sec) dan 0.067 (task/sec), yang berarti menyelesaikan 9.5% dan 6.7% tugas setiap detiknya, dan total waktu yang dihabiskan seluruh responden untuk menyelesaikan tugas adalah sekitar 8 dan 14 menit; aspek learnability menghasilkan skor akhir 100%, yang menunjukkan bahwa seluruh user dapat menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik menggunakan website; aspek error menghasilkan skor akhir 0%, yang menunjukkan tidak terdapat kesalahan saat menggunakan website; aspek satisfaction mendapat nilai sebesar 87.5 dan 86.5, hasil tersebut jika dimasukkan kedalam pengategorian hasilnya seperti berikut, acceptability ranges pada tingkat acceptable, grade scale pada tingkat B, adjective rating pada tingkat best imaginable.

English Abstract

PT Awniraya is a logistics company or also known as trading and forwarding. Nuning Rahmawati as Directur of PT Awniraya wanted a new website to introduce the company to the wider community. With that, this research uses the Design Thinking method and will produce a website design solution in the form of a high fidelity prototype. Empathize, define, ideate, prototype, and test are 5 stages in the Design Thinking method. The first step of empathizing is to understand stakeholder and user problems which are mapped in the persona and empathy map. The define stage will produce an information architecture that previously determined the point of view with stakeholders and the mapping process using card sorting. The ideate stage produces a wireframe based on the information architecture and design guidelines, then produces a user flow and evaluates the needs of stakeholders for suggestions for improvement. The prototype stage, the process of perfecting the wireframe into a high fidelity prototype. The last one is the testing stage, which is testing design solutions with usability testing which is carried out on 2 categories with a total of 10 respondents. The usability scale system questionnaire was tested for aspects of satisfaction and task scenarios were tested for aspects of learnability, efficiency, and error. The test results are as follows, the efficiency aspect produces 0.095 (task/sec) and 0.067 (task/sec), which means completing 9.5% and 6.7% of tasks every second, and the total time spent by all respondents to complete tasks is around 8 and 14 minutes; the learnability aspect produces a final score of 100%, which shows that all users can complete their tasks very well using the website; the error aspect produces a final score of 0%, which shows there are no errors when using the website; the satisfaction aspect scores 87.5 and 86.5, these results If the results are categorized as follows, acceptability ranges at the acceptable level, grade scale at level B, adjective rating at the best imaginable level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150059
Uncontrolled Keywords: PT Awniraya, Design Thinking, Antarmuka Pengguna, Usability Testing, Prototype, PT Awniraya, Design Thinking, User Interface, Usability Testing, Prototype
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:05
Last Modified: 24 Feb 2022 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186305
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amirul Adila Nyata.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item