Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kramat Jati)

Anindyajati, Devina Budi (2021) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kramat Jati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap wajib pajak memiliki kewajiban untuk melaporkan dan membayarkan pajak terutangnya, akan tetapi dari tahun ke tahun SPT tahunan yang dilaporkan masih mengalami fluktuasi. Masalah kepatuhan wajib pajak menjadi kendala dalam memaksimalkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Objek penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di wilayah kerja KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Data sampel yang berhasil diperoleh dalam penelitian berjumlah 100 kuesioner yang didistribusikan secara langsung kepada wajib pajak dengan menggunakan metode accidental sampling. Model evaluasi yang digunakan adalah model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model) dengan menggunakan program analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan pelayanan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

English Abstract

Despite the obligation of the taxpayers, the number of the reported annual tax returns is still relatively fluctuated thanks to the poor taxpayer compliance, thus maximizing the tax revenue poses a major problem. This study examines the effect of taxpayer awareness, tax services, and tax sanctions on taxpayer compliance. The objects of this study are the individual taxpayers registered in Primary Tax Office of Jakarta Kramat Jati. The samples of 100 respondents are selected through accidental sampling method using questionnaires distributed to the taxpayers. This study applies the evaluation model of the measurement model (outer model) and the structural model (inner model) using the Partial Least Square (PLS) data analysis software. The test results indicate that taxpayer awareness and tax sanctions have a positive effect on taxpayer compliance, while taxation services has no effect on taxpayer compliance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 05021020045
Uncontrolled Keywords: :Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, KPP Pratama Jakarta Kramat Jati, Partial Least Square (PLS)., Taxpayer Awareness, Taxation Services, Tax Sanction, Tax Compliance, Jakarta Kramat Jati Primary Tax Office, Partial Least Square (PLS).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Nov 2021 06:56
Last Modified: 25 Feb 2022 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- DEVINA BUDI ANINDYAJATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item