Pengembangan Serious Game Menggunakan DPE Framework untuk Mengasah Kemampuan Berhitung dengan Gestur Tangan.

Ramadhan, Aditya (2021) Pengembangan Serious Game Menggunakan DPE Framework untuk Mengasah Kemampuan Berhitung dengan Gestur Tangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berhitung sudah menjadi kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari, seperti jual beli, bekerja, belajar, dan sebagainya. Kemampuan berhitung dapat menurun seiring waktu jika kurang dilatih. Ini menyebabkan proses berhitung menjadi lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, kemampuan berhitung harus terus menerus dilatih. Salah satu metode efektif dalam belajar berhitung adalah menggunakan gestur tangan karena gestur tangan dapat mengurangi cognitive load. Agar proses pembelajaran menggunakan gestur tangan menyenangkan, dapat digunakan media seperti permainan. Permainan diketahui dapat membuat pemain merasa bahagia, mengurangi tingkat stres, dan mengasah logika. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang serious game yang menggunakan gestur tangan sebagai metode input untuk mengasah kemampuan berhitung. Untuk merancang serious game yang bermanfaat dan menyenangkan, perancangan game menerapkan Design, Play, Experience Framework atau disingkat DPE Framework. Penggunaan framework ini diharapkan dapat meningkatkan kesuksesan tujuan pembelajaran tanpa mengurangi faktor kegembiraan dari hasil rancangan serious game. Performa permainan dalam hal experience diukur melalui pengujian menggunakan metode Play Testing dan Game Experience Questionnaire (GEQ). Hasil pengujian dari 33 responden menunjukkan bahwa permainan menyenangkan dan bermanfaat dengan pengalaman negatif, kelelahan, dan disorientasi rendah. Secara keseluruhan, pemain menganggap permainan menyenangkan dengan nilai 4,12 dari 5.

English Abstract

Counting has been a basic need in daily life activities such as trading, working, studying, etc. The ability to count can decline over time if not trained regularly. This causes a decline in counting ability. One of the effective methods to enhance counting skills is by using hand gestures as hand gestures can reduce cognitive load. In order to make the learning process with hand gestures fun, games can be used as a media for learning. Games are known to be able to make players feel happy, reduce stress, and improve their logic. Based on that premise, a serious game is developed using hand gestures as input method to enhance counting skills. To design a beneficial and fun serious game, the design process is aided by Design, Play, Experience Framework or commonly known as DPE Framework. The usage of this framework will hopefully increase the chance of success in the learning process without sacrificing the fun factor of the serious game design. In order to measure the experience performance of the game, two types of testing are used in this research such as Play Testing and Game Experience Questionnaire (GEQ). Test results from 33 respondents showed that the game is fun and beneficial with low levels of negative experience, tiredness, and disorientation. Overall, players found the game fun with a rating of 4,12 out of 5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150046
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, serious game, gestur tangan, DPE Framework, Game Experience Questionnaire, counting skills, serious game, hand gestures, DPE Framework, Game Experience Questionnaire
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:57
Last Modified: 24 Feb 2022 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186250
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aditya Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item