Pengembangan Aplikasi Pencarian Riwayat Percakapan Customer Care (Studi Kasus: PT Beon Intermedia)

Ramadhani, Yusuf (2021) Pengembangan Aplikasi Pencarian Riwayat Percakapan Customer Care (Studi Kasus: PT Beon Intermedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Beon Intermedia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia layanan web hosting di Indonesia. Perusahaan sadar akan pentingnya layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan secara konsisten melakukan analisa terhadap pelanggan dengan salah satunya menggunakan layanan percakapan. Layanan percakapan ditangani oleh bagian customer care. Dimana setiap percakapan terhadap pelanggan dapat berisi kendala, komplain dan pertanyaan terkait produk. Dengan menganalisa chat pelanggan diharapkan perusahaan dapat menemukan layanan yang dapat diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk membantu melakukan analisa terhadap percakapan tersebut dibutuhkan mesin pencarian yang baik. Dengan melakukan pencarian terhadap percakapan yang tepat akan mempercepat mengetahui kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini akan dikembangkan sistem pencarian yang akan menggunakan Cosine Similairty untuk mengukur kemiripan antara percakapan dengan query yang dicari. Perhitungan kemiripan ini diukur dari kedekatan antar vektor yang mewakili data percakapan dengan query. Untuk menilai bobot dari vektor tersebut digunakan metode TF – IDF. Sistem ini dikembangkan berbasis web. Hasil dari penelitian akan berupa mesin pencarian. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian akurasi untuk memastikan akurasi dari sistem yang dibangun. Pengujian dilaksanakan dengan 2 kasus yang diberikan query berbeda. Untuk kasus pertama nilai akurasi mencapai 80% dan untuk kasus kedua akurasi mencapai 60%.

English Abstract

PT Beon Intermedia is a company provides website hosting services based in Indonesia. The company focused to costumer satisfaction and they are well aware how significant costumer is. In the interest of intensify the customer, they consistently analyze customer problem. To analyze the problem customer encounter. They utilize chat data from Customer Care, which is customer care division are the only one to deal with the customer. From data chat can be discovered problem like obstacle and complaint about the services. By analyzing customer care’s chat the company expected to found out the services could be improved. To ease analyze process by company the search engines is needed. Search chat with proper result can accelerate the process. In this research, the search chat application will be developed. The search chat application implement Cosine Similarity which measure similarity between query inserted and chat. The calculation of similarity will be measure proximity the vectors. The vectors represent chat and query as a reference. For compute chat as a vector, which is text based. The application will be weighted the text using TF – IDF method. The application is website based. Result of this research is search engines. To assure the accuracy of search engine, this research will be test with accuracy test. Accuracy test has two cases with different query. The result for first test case is 80% accuracy and the second case is 60% accuracy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150045
Uncontrolled Keywords: mesin pencarian, Cosine Similarity, TF – IDF, search engines, Cosine Similarity, TF – IDF
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:52
Last Modified: 24 Feb 2022 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186249
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- YUSUF RAMADHANI.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item