Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Aplikasi MboisApp Menggunakan Metode Goal Directed Design

Hati, Revina Laksmi Permata (2021) Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Aplikasi MboisApp Menggunakan Metode Goal Directed Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi MboisApp merupakan aplikasi berbasis mobile android yang bertujuan untuk memudahkan wisatawan mencari informasi wisata dan merencanakan perjalanan wisata di Malang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada pihak MboisApp dan pengguna, menyatakan bahwa terdapat permasalahan usability yang perlu diperbaiki. Sehingga perlu dilakukan evaluasi usability menggunakan teknik usability testing. Usability testing dilakukan kepada 10 responden yang terbagi menjadi 2 kelompok wisatawan secara geografis, yaitu kelompok wisatawan asal Malang dan asal luar Malang. Evaluasi usability dilakukan dengan mengukur 3 aspek usability yaitu efektivitas menggunakan completion rate, efisiensi menggunakan overall relative efficiency, dan kepuasan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil evaluasi awal usability didapatkan 13 permasalahan, sehingga perlu dilakukan perbaikan antarmuka menggunakan metode Goal Directed Design (GDD). Penggunaan metode GDD di dalam penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan pemenuhan kebutuhan dan tujuan pengguna dengan mempertimbangkan tujuan bisnis atau organisasi. Setelah dilakukan perbaikan menggunakan metode GDD, dilakukan evaluasi akhir usability pada desain perbaikan aplikasi MboisApp. Hasil evaluasi akhir usability aplikasi MboisApp mendapatkan peningkatan nilai pada tiap metrik. Pada nilai efektivitas semula bernilai 64,2% menjadi 94,2%, nilai efisiensi semula bernilai 57,4% menjadi 91,3% dan nilai kepuasan semua bernilai 40,25 menjadi 80,5. Hasil perbaikan rancangan antarmuka pada aplikasi MboisApp menggunakan metode GDD membuktikan dapat meningkatkan nilai usability pada desain aplikasi MboisApp sebelumnya

English Abstract

MboisApp is an Android-based mobile application that aims to facilitate tourists in finding tourist information and planning their tour in Malang. Usability evaluation aims to identify problems faced by users when interacting with applications and find opportunities to improve the user experience. Usability evaluation was directed to 10 respondents by dividing 2 groups of tourists from Malang and from outside Malang, by measuring 3 aspects of usability as effectiveness using completion rate, efficiency using overall relative efficiency, and satisfaction using System Usability Scale (SUS) questionnaire. After initial evaluation, there were 13 usability problems, which needed to be improved using the Goal Directed Design (GDD) method. The use of the GDD method in this study aims to integrate the needs and goals of users by considering business or organizational goals. After improving the interface using the GDD method, a final usability evaluation is carried out on the MboisApp application improvement design. The results of the final evaluation of the usability get an increase in the value of each metric. The initial effectiveness value was 64.2% to 94.2%, the initial efficiency value was 57.4% to 91.3% and the satisfaction score of all was 40.25 to 80.5. The results of improving the interface design in the MboisApp application using the GDD method prove that it can increase the usability value of the previous MboisApp application design

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150039
Uncontrolled Keywords: evaluasi usability, usability testing, Goal-Directed Des, usability, usability evaluation, goal-directed design
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:40
Last Modified: 03 Oct 2024 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186228
[thumbnail of Revina Laksmi Permata Hati.pdf] Text
Revina Laksmi Permata Hati.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item