Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Terhadap Keaktifan, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Kelas X Program Keahlian Multimedia Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK Negeri 7 Malang

Putri, Nia Amanda (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Terhadap Keaktifan, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Kelas X Program Keahlian Multimedia Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK Negeri 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu dampak Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar disekolah dilakukan secara daring, hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Kompetensi keahlian yang cukup sulit dilakukan menggunakan sistem pembelajaran online di SMK Negeri 7 Malang adalah Multimedia salah satu mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video. Minimnya bimbingan yang diberikan guru dan keterbatasan penyampaian materi tidak dapat berjalan lancar karena memerlukan respon keaktifan siswa untuk menggali pemahaman, pendapat, pengalaman memerlukan suatu media interaktif. Media pembelajaran interaktif salah satunya adalah Mentimeter, Mentimeter merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara online sehingga presentasi yang disampaikan lebih interaktif. Pada penelitian ini peneliti menganalisis media pembelajaran interaktif Mentimeter terhadap motivasi dan keaktifan siswa kelas X program Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Mentimeter terhadap motivasi dan keaktifan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design serta menggunakan populasi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Peneliti melakukan observasi, wawancara, pretest, posttest, dan kuesioner untuk mengumpulkan data primer. Kelas yang digunakan yaitu X Multimedia 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan X Multimedia 2 sebanyak 36 sebagai kelas kontrol, total 70 siswa sebagai populasi dan terpilih menjadi sampel sebanyak 58 siswa. Pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan excel dan SPSS dengan uji Independen Sampel T-tes, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji parsial. Setelah proses pengolahan data mendapatkan hasil sebagai berikut (1) uji Independen Sampel T-tes motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,180 > 0,05 (2) uji Independen Sampel T-tes keaktifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,493 > 0,05 (3) nilai dari pretest kelas eksperimen dan kontrol tidak berbeda dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,704 >(4) nilai posttest antara kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05 (5) tidak ada pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter terhadap motivasi dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,292 > 0,05 (6) tidak ada pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter terhadap keaktifan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,221 > 0,05.

English Abstract

One of the impacts of the COVID-19 pandemic is that teaching and learning activities in schools are carried out online, which results in students being motivated and less active in learning. Competency skills that are quite difficult to do using the online learning system at SMK Negeri 7 Malang are Multimedia, one of the subjects of Audio Video Processing Engineering. The lack of guidance provided by the teacher and limitations in the delivery of the material cannot run smoothly because it requires active student responses to explore understanding, opinion, experiences requiring an interactive media. One of the interactive learning media is Mentimeter, Mentimeter is an application that can be used for online learning so that the presentations delivered are more interactive. In this study, the authors analyzed the interactive learning media Mentimeter on the motivation and activeness of class X students of the Multimedia Skills program of SMK Negeri 7 Malang. This study aims to determine whether there is an effect of using Mentimeter interactive learning media on motivation and activeness. The research method used is quantitative research design with true Experimental Design and using a population of two classes, namely the experiment class and the control class selected randomly.researchers conducted observations, interviews, pretest, posttest, and questionnaires to collect primary data. The class used X Multimedia 1 as 34 students as the experiment class and X Multimedia 2 as 36 as the control class, total of 70 students as the population and 58 student were selected as samples. Data processing was perfomoed using excel and SPSS with Independent Sample T-Test, Simple Linier Regression test, coefficient of determination, partial test. After the data processing obtained the following results (1) Independent Sample T-test motivation between the experimental class and the control class there is no difference as evidenced by a significance value of 0,180 > 0,05 (2) Independent Sample T-test of activeness between the experimental class and there is no difference in the control class as evidenced by a significance value of 0,493 > 0,05 (3) the value of experiment and control class petest is not different as evidenced by a significance value of 0,704 (4) the posttest value between the experiment and control classes is different as evidenced by a significance value of 0,03 < 0,05 (5) there is no effect of Mentimeter Interactive learning media on motivation as evidenced by a significance value of 0,292 > 0,05 (6) there is no effect of Mentimeter Interactive Learning Media on activeness as evidenced by a significance value of 0,221 > 0,053

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150036
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Keaktifan, Hasil Belajar, Media, Pembelajaran, Mentimeter, Motivation, Activeness, Learning result, Media, Learning, Mentimeter
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:27
Last Modified: 24 Feb 2022 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186222
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Nia Amanda Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item