Studi Penggalian Pengalaman Guru di SMA Negeri 4 Madiun dalam Pembelajaran Daring di Masa Covid-19

Indriani, Giovani Hasna (2021) Studi Penggalian Pengalaman Guru di SMA Negeri 4 Madiun dalam Pembelajaran Daring di Masa Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi covid-19 telah merubah proses pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran untuk mengatasi permasalah yang terjadi saat ini. Dengan penerapan pembelajaran daring dari rumah, guru diharuskan mengubah rencana pembelajaran semula tatap muka menjadi bergantung pada proses tanpa tatap muka langsung. Persoalan banyaknya keluhan di SMA Negeri 4 Madiun bisa berasal dari fitur teknologi yang membingungkan, atau bisa berasal dari individu guru, maupun dari organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali pengalaman guru selama mengajar di SMA Negeri 4 Madiun, seperti menggali proses pembelajaran, perasaan guru ketika mengajar secara daring, permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, serta analisa data kualitatif tersebut menggunakan thematic coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran daring di SMA Negeri 4 madiun sudah berjalan dengan baik, siswa dan guru dapat menggunakan teknologi dan media pembelajaran; (2) Pengalaman menyenangkan yaitu pembelajaran lebih fleksibel, memperoleh ilmu baru, dan siswa yang disiplin; (3) Pengalaman tidak menyenangkan yaitu kurang interaksi antara guru dan siswa, siswa tidak mengikuti pembelajaran dan banyak kendala saat proses pembelajaran; (4) siswa yang berkendala jaringan dapat menggunakan fasilitas sekolah serta siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring dilakukan home visit/panggilan orang tua; (5) Pembelajaran daring dikombinasikan dengan pembelajaran tatap muka, pemberian jam konsultasi, penggatian PR dengan kuis.

English Abstract

The COVID-19 pandemic has changed the face-to-face learning process to online learning. Online learning is one of the learning methods to solve current problems. With the implementation of online learning from home, teachers are required to change the original face-to-face learning plan to rely on a process without face-to-face. The problem with the many complaints at SMA Negeri 4 Madiun can come from confusing technological features, or it can come from individual teachers, or from organizations. The purpose of this study was to explore the experiences of teachers while teaching at SMA Negeri 4 Madiun, such as exploring the learning process, the feelings of teachers when teaching online, the problems faced during the learning process. The data was collected using structured interview techniques, and the qualitative data was analyzed using thematic coding. The results showed that: (1) online learning at SMA Negeri 4 Madiun has been going well, students and teachers can use technology and learning media; (2) a pleasant experience, namely more flexible learning, gaining new knowledge, and disciplined students; (3) unpleasant experiences, namely lack of interaction between teachers and students, students not participating in learning and many obstacles during the learning process; (4) students with network constraints can use school facilities and students who do not participate in online learning have a home visit / call from parents; (5) Online learning is combined with face-to-face learning, giving consultation hours, replacing homework with quizzes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150023
Uncontrolled Keywords: covid-19, pembelajaran daring, guru, thematic coding. covid-19, online learning, teacher, thematic coding.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:53
Last Modified: 11 Oct 2024 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186193
[thumbnail of GIOVANI HASNA INDRIANI.pdf] Text
GIOVANI HASNA INDRIANI.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item