Rafliansyah, Norman Haris (2021) Analisis Strategi Pemasaran Pada ASA Perum Jasa Tirta Dengan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pola sikap dan pola berpikir masyarakat yang semakin berkembang membuat kebutuhan akan air minum semakin besar. Hal tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan Air Minum Dalam Kemasan, termasuk Unit Binis Air Minum Dalam Kemasan Perum Jasa Tirta Malang dengan merek “Air Sehat Alami” yang disingkat ASA. Unit Bisnis Air Minum Dalam Kemasan ASA terletak di jalan Kolonel Sugiono No. 20 Malang. ASA Perum Jasa Tirta Malang telah menjalankan beberapa strategi pemasaran untuk penjualan produk air minum dalam kemasan namun hasilnya penjualan produk air kemasan menurun terkecuali produk galon. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh pada penjualan produk ASA Perum Jasa Tirta Malang sehingga dapat membuat strategi pemasaran baru untuk penjualan perusahaan. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut faktor internal menggunakan bauran pemasaran dan eksternal menggunakan porter’s five forces yang berpengaruh pada penjualan produk air minum dalam kemasan ASA. Selanjutnya, atribut faktor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), kemudian masing-masing diberi bobot dan rating kemudian diperoleh skor untuk matriks IFE sebesar 3,576 dan skor pada matriks EFE sebesar 2,726. Selanjutnya skor tersebut dimasukkan dalam matriks InternalEksternal dan didapatkan posisi perusahaan berada kuadran IV yaitu keadaan grow and build sehingga strategi yang cocok dijalankan adalah pemanfaatan media sosial untuk promosi, mengembangkan desain, dan memberikan diskon sebagai daya tarik konsumen. Kemudian dibuat alternatif strategi untuk masing-masing tipe strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Tahap berikutnya untuk memilih strategi utama yang akan dijalankan perusahaan maka strategi-strategi yang telah didapatkan berjumlah delapan dimasukkan dalam matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang kemudian masing-masing strategi di beri skor daya tarik pada tiap atributnya dan kemudian dijumlahkan, sehingga didapatkan skor untuk alternatif strategi pertama 5,06, alternatif strategi kedua 5,904, alternatif strategi ketiga 4,309, alternatif strategi keempat 3,73, alternatif strategi kelima 3,68, alternatif strategi keenam 3,587, alternatif strategi ketujuh 3,295, dan alternatif strategi kedelapan 2,588. Usulan strategi alternatif masih bersifat normatif sehingga dilanjutkan dengan menghubungkan alternatif strategi dengan analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning. Alternatif strategi yang direkomendasikan adalah promosi dengan memberikan konten dan informasi terkait produk yang disebarkan melalui media sosial. Selanjutnya meningkatkan penjualan di marketplace dengan menggunakan dompet digital dan memberikan potongan harga pada saat mengikuti event dengan menyediakan paket hemat yang berisi variasi produk dengan harga yang lebih murah
English Abstract
The pattern of attitudes and thinking patterns of the community that are increasingly developing make the need for drinking water even greater. This is used by bottled drinking water companies, including the bottled drinking water business unit of Perum Jasa Tirta Malang with the brand "Air Sehat Alami" which is abbreviated as ASA. ASA's Bottled Drinking Water Business Unit is located at Jalan Kolonel Sugiono No. 20 Unlucky. ASA Perum Jasa Tirta Malang has implemented several marketing strategies for the sale of bottled drinking water products, but the result is that sales of bottled water products have decreased except for gallon products. This study aims to identify the factors that influence the sales of ASA Perum Jasa Tirta Malang products so that they can create a new marketing strategy for the company's sales. The first step in this research is to identify the attributes of internal factors using the marketing mix and external factors using porter's five forces that affect the sale of ASA bottled drinking water products. Furthermore, these factor attributes are included in the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix, then each is given a weight and rating, then the score for the IFE matrix is 3.576 and the score for the EFE matrix is 2.726. Furthermore, the score is entered in the Internal-External matrix and the company's position is in quadrant IV, namely the state of grow and build so that the appropriate strategy is to use social media for promotion, develop designs, and provide discounts as a consumer attraction. Then made alternative strategies for each type of strategy using the SWOT matrix. The next stage is to choose the main strategy that will be carried out by the company, the eight strategies that have been obtained are included in the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) matrix, then each strategy is given an attractiveness score for each attribute and then added up, so that a score is obtained. for the first alternative strategy 5,06, the second strategy alternative 5,904, the third strategy alternative 4,309, the fourth strategy alternative 3.73, the fifth strategy alternative 3.68, the sixth alternative strategy 3,587, the seventh alternative strategy 3,295, and the eighth strategy alternative 2,588. The proposed alternative strategy is still normative, so it is continued by linking the alternative strategy with Segmentation, Targeting and Positioning analysis. The follow-up to alternative strategies is still normative so that it is continued by linking alternative strategies with Segmentation, Targeting and Positioning analysis. The recommended alternative strategy is promotion by providing content and product-related information that is disseminated through social media. Furthermore, increasing sales in the marketplace by using digital wallets and providing discounted prices when participating in events by providing economical packages containing product variations at lower prices
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052107 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Strategi Pemasaran, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM, Analisis Segementasi, Targeting dan Positioning |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186180 |
Text
Norman Haris.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |