Perumusan Strategi Pemasaran Produk Olahan Keripik pada UKM Anugerah Jaya Berdasarkan Art of War Sun Tzu

Nurdin, Bachtiar Ilham (2021) Perumusan Strategi Pemasaran Produk Olahan Keripik pada UKM Anugerah Jaya Berdasarkan Art of War Sun Tzu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM Anugerah Jaya merupakan suatu usaha yang memproduksi makanan ringan berupa keripik singkong gadung dengan merek Aneka Keripik Delicious. UKM Anugerah Jaya didirikan pada tahun 2012 di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Selama tahun 2020 terjadi penurunan jumlah penjualan keripik singkong gadung dibandingkan tahun 2019. Penurunan disebabkan oleh faktor pandemi Covid-19, kurangnya pemanfaatan teknologi, dan tingginya tingkat kompetisi dari para kompetitor. Strategi yang saat ini diterapkan oleh pihak UKM Anugerah Jaya belum bisa meningkakan jumlah penjualan produk keripik singkong Delicious. Maka, diperlukan adanya perencanaan strategi baru pada bidang pemasaran untuk kembali meningkatkan penjualan produk UKM Anugerah Jaya. Penelitian ini menggunakan Art of War Sun Tzu. Konsep Sun Tzu merupakan strategi perang Tionghoa yang bisa diterapkan pada bidang pemasaran dan bisnis. Lingkungan bisnis tidaklah jauh berbeda dengan medan perang dimana para pelaku usaha berusaha untuk menarik peluang semaksimal mungkin untuk menguasai pasar yang ada, dimana yang diibaratkan berperang yaitu pelaku usaha dengan para kompetitor. Metode untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal menggunakan Sun Tzu Five Key Elements. Setelah itu, dilakukan perhitungan bobot dengan metode paired comparison. Kemudian tiap faktor internal dan eksternal diberi rating dan dilakukan perhitungan skor untuk menentukan posisi Kuadran SWOT. Kuadran SWOT digunakan untuk menentukan posisi persaingan perusahaan agar dapat merumuskan strategi pemasaran berdasarkan Sun Tzu Stratagems yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Implementasi Art of War Sun Tzu dilakukan dengan mencocokkan keadaan perusahaan dengan 36 Sun Tzu Stratagems untuk memberikan rekomendasi strategi pemasaran. Selanjutnya tahap penentuan prioritas rekomendasi strategi pemasaran dipilih berdasarkan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak UKM Anugerah Jaya, didapatkan 11 faktor eksternal ground dan 4 faktor eksternal climate yang digunakan dalam penelitian. Sedangkan pada faktor internal didapatkan 3 faktor moral ethics, 5 faktor internal leadership, dan 20 faktor internal method. Strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi UKM Anugerah Jaya berdasarkan analisis kuadran SWOT adalah strategi yang bersifat agresif dengan total skor eksternal sebesar 2,96 dan faktor internal sebesar 2,92. Strategi agresif tersebut diimpelemntasikan kedalam 36 Sun Tzu Stratagems dengan hasil 3 stratagems yang dapat diterapkan pada UKM Anugerah Jaya. Berdasarkan hasil matrik QSPM, prioritas strategi yang dapat dilakukan adalah take the opportunity to pilfer a goat yaitu menciptakan strategi dan rencana yang cukup fleksibel untuk memanfaatkan peluang UKM Anugerah Jaya sekecil apapun untuk mencapai tujuan yang menguntungkan. Dengan cara mengikuti event dan pameran secara offline dan online, memanfaatkan media sosial dan membuat marketplace, serta membuat website untuk mengenalkan dan memudahkan informasi produk

English Abstract

UKM Anugerah Jaya is a business that produces snacks in the form of gadung cassava chips with the brand Aneka Keripik Delicious. UKM Anugerah Jaya was founded in 2012 in Jabung District, Malang Regency. During 2020 there was a decrease in the number of sales of gadung cassava chips compared to 2019. The decline was caused by the Covid-19 pandemic, lack of use of technology, and the high level of competition from competitors. The strategy currently implemented by the UKM Anugerah Jaya has not been able to increase the number of sales of Delicious cassava chips. So, it is necessary to plan a new strategy in the marketing field to increase sales of Anugerah Jaya SME products again. This study uses Sun Tzu's Art of War. The concept of Sun Tzu is a Chinese war strategy that can be applied to marketing and business. The business environment is not much different from a battlefield where business actors try to seize opportunities as much as possible to dominate the existing market, where what is likened to war is business actors with competitors. The method to identify internal and external factors uses Sun Tzu Five Key Elements. After that, the weights were calculated using the paired comparison method. Then each internal and external factor is given a rating and a score is calculated to determine the position of the SWOT Quadrant. The SWOT quadrant is used to determine the company's competitive position in order to formulate a marketing strategy based on Sun Tzu Strategies that is in accordance with the company's conditions. The implementation of Sun Tzu's Art of War is done by matching the company's situation with 36 Sun Tzu Strategies to provide marketing strategy recommendations. Furthermore, the stage of determining the priority of marketing strategy recommendations is selected based on the largest Total Attractiveness Score (TAS) on external and internal factors using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Based on the results of discussions with the UKM Anugerah Jaya, 11 external ground factors and 4 external climate factors were used in the study. While the internal factors obtained 3 factors of moral ethics, 5 factors of internal leadership, and 20 factors of internal method. The marketing strategy in accordance with the conditions of Anugerah Jaya UKM based on the SWOT quadrant analysis is an aggressive strategy with a total external score of 2.96 and internal factors of 2.92. The aggressive strategy was implemented into 36 Sun Tzu Strategies with the results of 3 strategies that could be applied to UKM Anugerah Jaya. Based on the results of the QSPM matrix, the priority strategy that can be carried out is to take the opportunity to pilfer a goat, which means creating strategies and plans that are flexible enough to take advantage of the smallest Anugerah Jaya SME opportunities to achieve profitable goals. By participating in offline and online events and exhibitions, utilizing social media and creating an official marketplace, and creating the official website for UKM Anugerah Jaya to introduce and facilitate product information

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Sun Tzu Five Key Elements, Analisa Kuadran SWOT, Sun Tzu Stratagems, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:37
Last Modified: 24 Feb 2022 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186158
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BACHTIAR ILHAM NURDIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item