Analisis Kelayakan Usaha Pembesaran Ikan Lele UD. Mina Tani di Desa Sumbersari Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang.

Chyerli Wibowo, Thenya (2021) Analisis Kelayakan Usaha Pembesaran Ikan Lele UD. Mina Tani di Desa Sumbersari Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha budidaya ikan air tawar semakin hari semakin menggiurkan. Menurut laporan Badan Pangan, pada tahun 2021 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6 kg per tahun. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan produksi budidaya ikan air tawar sebagai subtitusi ikan laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah usaha pembesaran ikan lele UD. Mina Tani layak dijalankan dengan dikaji tentang kelayakan aspek non finansial dan kelayakan aspek finansial. Metode analisis kualitatif kelayakan aspek non finansial, terdiri dari aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek sosial dan ekonomi, aspek lingkungan, dan aspek hukum. Metode analisis kuantitatif pada penelitian ini meliputi finansial jangka pendek yaitu permodalan, biaya produksi, penerimaan, keuntungan, rentabilitas, R/C ratio, dan Break Even Point. Kelayakan finansiil jangka pendek meliputi Net Present Value, Internal Rate of Return, Net Benefit Costs Ratio, Payback Period, dan analisis sensitivitas. Hasil dari penelitian ini adalah usaha pembesaran ikan lele UD. Mina Tani dari segi non finansial maupun finansial menunjukkan bahwa usaha ini baik dan layak untuk dijalankan. Sedangkan untuk analisis sensitivitas usaha UD. Mina Tani tidak sensitif terhadap penurunan dan kenaikan biaya, maka usaha masih layak dilaksanakan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:15
Last Modified: 10 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186154
[thumbnail of Thenya Chyerli Wibowo.pdf] Text
Thenya Chyerli Wibowo.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item