"LITERATURE REVIEW: ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PERIKANAN DI NEGARA-NEGARA ASIA (STUDI KASUS: INDONESIA, BANGLADESH DAN INDIA)"

Utami Rahmawati, Putri (2021) "LITERATURE REVIEW: ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PERIKANAN DI NEGARA-NEGARA ASIA (STUDI KASUS: INDONESIA, BANGLADESH DAN INDIA)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Benua Asia merupakan benua yang berkontribusi paling besar dalam memproduksi hasil perikanan di dunia. Pada kegiatan produksi perikanan, pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan usaha perikanan. Akan tetapi, masih banyak sistem pemasaran yang tidak efisien. Literature review ini bertujuan untuk 1) Menganalisis saluran pemasaran perikanan 2) Menganalisis margin pemasaran perikanan 3) Menganalisis farmer’s share pada pemasaran perikanan, dan 4) Menganalisis efisiensi pemasaran perikanan di negaranegara Asia khususnya Indonesia, Bangladesh dan India. Metode yang digunakan adalah systematic review. Sumber-sumber yang digunakan berupa artikel ilmiah tentang efisiensi pemasaran perikanan sebanyak 25 artikel. Hasil literature review menunjukkan bahwa saluran pemasaran di tiap wilayah dan jenis ikan berbeda-beda. Semakin banyak lembaga perantara yang terlibat, maka biaya pemasaran akan semakin tinggi yang mana akan menyebabkan margin pemasaran yang semakin besar pula. Margin pemasaran yang semakin besar mengindikasikan semakin tidak efisieinnya suatu pemasaran. Farmer’s share di negara-negara Asia sebagai besar terbilang efisien karena lebih besar daripada margin pemasaran dan bernilai lebih dari 50%. Efisiensi pemasaran perikanan ditinjau dari nilai Eps menunjukkan sebagian besar pemasaran di Indonesia, Bangladesh dan India masih di atas 5% yang artinya belum efisien. Akan tetapi di beberapa wilayah sudah ada yang berjalan secara efisien."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:40
Last Modified: 24 Feb 2022 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186145
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PUTRI UTAMI RAHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item