"Pengaruh Perbedaan Settlement Plates Jenis Marmo dan Palimanan Terhadap Karang Rekrut Baru di Perairan Malang Selatan "

Muhammad Abdillah, Putra (2021) "Pengaruh Perbedaan Settlement Plates Jenis Marmo dan Palimanan Terhadap Karang Rekrut Baru di Perairan Malang Selatan ". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Reproduksi dan rekrutmen karang adalah dua hal penting yang menentukan keberadaan dan kelangsungan ekosistem terumbu karang. Untuk melakukan pemulihan, ekosistem terumbu karang yang rusak dapat terjadi secara alami melalui proses rekrutmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi karang rekrut. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juli 2020 hingga Januari 2021 di perairan Malang Selatan dengan lima lokasi berbeda. Karang rekrut diperoleh dari pemasangan settlement plates marmo dan palimanan secara horizontal di dasar perairan. Settlement plates yang digunakan merupakan pemasangan selama ±3 bulan (short immersion) dan ±6 bulan (long immersion). Hasil penelitian ditemukan 5 jenis famili karang rekrut pada lokasi penelitian. Kelima jenis tersebut antara lain Acroporidae, Poritidae, Pocilloporidae, Agariciidae, dan Fungiidae. Karang rekrut yang ditemukan sebanyak 22 koloni (short immertion) dan 59 koloni (long immertion). Hasil dari analisis statistik (ANOVA) yang dilakukan antara kepadatan karang rekrut dengan jenis settlement plates dan lama waktu pemasangan settlement plates tidak menunjukkan pengaruh yang berarti. "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:32
Last Modified: 24 Sep 2024 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186143
[thumbnail of Putra Muhammad Abdillah.pdf] Text
Putra Muhammad Abdillah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item