Komposisi Hasil Tangkapan Jaring Pocong Dengan Alat Bantu Kipas-Kipas Di Pantai Klatak Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Firdaus, Syarifudin (2021) Komposisi Hasil Tangkapan Jaring Pocong Dengan Alat Bantu Kipas-Kipas Di Pantai Klatak Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Pantai Klatak merupakan salah satu pantai di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Masyarakat Pantai Klatak umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan dengan alat tangkapan yang mendominasi jaring pocong. Daerah pantai klatak merupakan daerah pertama kali yang mengoperasikan jaring pocong dalam menangkap ikan. Jaring pocong merupakan jenis alat tangkap pasif yang dioperasikan menggunakan karamba dengan hasil tangkapan utama benih lobster pasir dan benih lobster mutiara. Pengoperasian alat tangkap jaring pocong menggunakan alat bantu berupa kipas-kipas yang terbuat dari kertas semen berfungsi sebagai tempat bersembunyi benh lobster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi (%) hasil tangkapan Jaring Pocong dengan bantuan kipas-kipas oleh nelayan Pantai Klatak ,mengetahui indeks keanekaraagaman, indeks keseragaman, serta mengetahui konstruksi alat tangkap Jaring Pocong yang digunakan nelayan Pantai Klatak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi data primer dan sekunder, dalam pengolahan data hasil penelitian menggunakan beberapa software yaitu Microsoft Excel dan SPSS. Berdasarkan hasil pengamatan lapang konstruksi jaring pocong terdiri dua bagian penting, yaitu karamba dan jaring pocong. Karamba terbuat dari bambu yang diikat menjadi satu. Konstruksinya terdiri dari pelampung, jangkar, lampu, generator, jaring waring. Sedangkan untuk jaring pocong terdiri dari jaring waring, tali pengait, alat bantu kipas-kipas, dan pemberat dari batu. Jaring pocong merupakan jaring waring yang terpasang kipas-kipas yang terbuat dari bahan kertas semen bekas. Teknik pengoperasiannya nelayan melakukan pengecekkan (setting) pada sore hari, kemudian soaking selama satu malam dan hauling pada saat pagi hari. Nelayan berangkat ke karamba menggunakan kapal jukung dengan mesin Honda GX200 dan untuk generator mnggunakan mesin genset Yamaha ET 1 dengan bahan bakar pertalite. Hasil penelitian di dapatkan sebanyak 13 jenis spesies dengan total hasil tangkapan sebanyak 649 ekor. Hasil perhitungan komposisi hasil tangkapan didominasi oleh benur pasir sebesar 33% sebanyak 214 ekor dan hasil tangkapan paling sedikit adalah ikan ayam-ayam sebesar 2% sebanyak 15 ekor. Hasil indeks keanekaragaman jenis sebesar 2,2 menunjukkan bahwa keanekaragaman hasil tangkapan jaring pocong sedang, sedangkan hasil indeks keragaman didapatkan hasil 0,9, menunjukkan keseragaman hasil tangkapan jaring pocong tinggi. Analisis kekerabatan spesies didapatkan 5 cluster yang terdiri dari 7 spesies pada cluster 1, 4 spesies pada cluster 2, dan 1 spesies pada cluster 3. Hasil analisis variasi menunjukkan hasil sig < 0,05 sehingga disimpulkan ada perbedaan nyata pada jumlah hasil tangkapan antar spesies. Perbedaan nyata ditemukan pada jumlah tangkapan benur pasir."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:33
Last Modified: 26 Sep 2024 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186141
[thumbnail of Syarifudin Firdaus.pdf]
Preview
Text
Syarifudin Firdaus.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item