REVIEW-PERBANDINGAN KELIMPAHAN MIKROPLASTIK PADA INSANG DAN SALURAN PENCERNAAN IKAN

Silfani Mutiara Nainggolan, Stella (2021) REVIEW-PERBANDINGAN KELIMPAHAN MIKROPLASTIK PADA INSANG DAN SALURAN PENCERNAAN IKAN. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses masuknya mikroplastik ke tubuh ikan dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung. Keberadaan mikroplastik pada tubuh ikan dipengaruhi oleh antropogenik, kebiasaan makan serta habitat ikan. Akumulasi mikroplastik dalam tubuh ikan dapat mengganggu kondisi fisik dan psikologis ikan. Ulasan literatur ini ditujukan untuk membahas mikroplastik dan keberadaannya pada ikan serta membandingkan kelimpahan mikroplastik antara insang dan saluran pencernaan ikan. Metode yang digunakan yaitu narrative review; meliputi pencarian literatur, evaluasi literatur, analisa dan sintesa literatur, pembuatan outline, dan penulisan hasil. Hasil ulasan menunjukkan variasi kelimpahan mikroplastik pada kedua organ ikan dimana saluran pencernaan menjadi organ pendominasi mikroplastik. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan merupakan tempat akumulasi mikroplastik sedangkan mikroplastik yang menempel pada insang hanya bersifat sementara dan akan hilang bersamaan dengan aliran air saat respirasi. Selain itu, jenis mikroplastik yang mendominasi pada kedua organ ikan adalah fiber. Bentuk fiber yang lebih tipis dibandingkan jenis mikroplastik lain menyebabkan fiber mudah tersaring di insang lalu terakumulasi di saluran pencernaan ikan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:04
Last Modified: 25 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186132
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Stella Silfani Mutiara Nainggolan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item