"PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA NELAYAN (Studi Kasus pada Rukun Nelayan Di Desa Weru, Kecamatan Paciran, Lamongan)"

Huda, Nur (2021) "PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA NELAYAN (Studi Kasus pada Rukun Nelayan Di Desa Weru, Kecamatan Paciran, Lamongan)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Perikanan tangkap secara umum masih di dominasi nelayan skala kecil (armada <10 GT) serta menjadi mata pencaharian utama rumah tangga di wilayah pesisir. Adanya modal sosial di dalam Rukun Nelayan Desa Weru menjadikan nelayan dapat bekerja sama demi keamanan dan kenyamanan dan berpengaruh tehadap kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen modal sosial yang terbentuk di dalam Rukun Nelayan serta menganalisis pengaruh modal sosial terhadap kesejahteraan nelayan didalam Rukun Nelayan Desa Weru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel kesejahteraan rumah tangga nelayan, norma, jaringan, dan kepercayaan. Pengaruh modal sosial terhadap nelayan dianalisa mengguakan metode regresi linier berganda. Metode sampling dengan sampling insidental dan pengukuran variabel menggunakan skala-Likert. Dari hasil analisis regresi linier berganda yang diuji pada data yang diperoleh didapati persamaan Y= -7,120 + 0,352 X1 + 0,265 X2 + 0,506 X3 dimana nilai kesejahteraan rumah tangga nelayan (Y) dipengaruhi oleh nilai variabel norma (X1), jaringan (X2), dan kepercayaan (X3). Semakin besar nilai modal sosial yang ada pada anggota Rukun Nelayan di Desa Weru maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap kesehteraan rumah tangga nelayan."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:48
Last Modified: 03 Oct 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186127
[thumbnail of NUR HUDA.pdf] Text
NUR HUDA.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item