REVIEW: KERUGIAN EKONOMI PENYAKIT WSSV PADA USAHA BUDIDAYA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Putri Maulidya, Sonia (2021) REVIEW: KERUGIAN EKONOMI PENYAKIT WSSV PADA USAHA BUDIDAYA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi perikanan Indonesia sangat besar dan berkembang pesat terutama udang vaname (Litopenaeus vannamei), namun infeksi penyakit seperti WSSV yang menyebabkan kematian pada udang vaname dapat menimbulkan kerugian ekonomi seperti penurunan pendapatan, produksi udangm dan perubahan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerugian ekonomi yang dialami usaha budidaya udang vaname akibat infeksi WSSV, kebijakan yang diterapkan pemerintah guna menangani kerugian ekonomi yang terjadi akibat infeksi WSSV, dan upaya pencegahan yang dilakukan guna meminimalisir kerugian yang terjadi akibat infeksi WSSV. Metode yang digunakan dalam literature review adalah systematic literature review yakni sebuah proses identifikasi guna memberikan jawaban atas pertanyaan penelitian. Hasil yang didapatkan adalah sistem budidaya udang vaname terdiri dari budidaya intensif, semi-intensif, dan tradisional dimana produksi udang vaname di Indonesia terus mengalami kenaikan dengan harga mencapai Rp 100.000/kg. Infeksi WSSV dapat ditemukan pada hampir seluruh krustasea salah satunya udang vaname dan menunjukkan gejala klinis seperti munculnya bintik putih pada karapas udang. Total produksi pada awal perkembangan budidaya udang vaname di Indonesia tahun 2005 adalah sekitar 500.000 ton, sedangkan pada tahun 2018 adalah sebesar 717.094 ton. Namun pada tahun 2015 produksi udang vaname mengalami penurunan produksi drastis dari 442.380ton menjadi 421.089 ton. Dapat disimpulkan bahwa pada awal kemunculan WSSV Indonesia mengalami kerugian hampir USD 1 miliar dengan kebijakan yang digunakan untuk mengatasi kerugian ekonomi adalah menerapkan APPIK dan karantina ikan. Selain itu, upaya pencegahan WSSV dapat dilakukan dengan cara herbal dan memberi probiotik. Sebaiknya petani budidaya memperhatikan kualitas air yang digunakan untuk meminimalisir infeksi WSSV.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:54
Last Modified: 10 Oct 2024 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186118
[thumbnail of SONIA PUTRI MAULIDYA.pdf] Text
SONIA PUTRI MAULIDYA.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item