PERANCANGAN POWER SUPPLY 12V DENGAN SLIDING MODE CONTROLLER (SMC) SEBAGAI CATU DAYA PADA MODUL MESIN CUCI OTOMATIS

Kholiq, Nur (2021) PERANCANGAN POWER SUPPLY 12V DENGAN SLIDING MODE CONTROLLER (SMC) SEBAGAI CATU DAYA PADA MODUL MESIN CUCI OTOMATIS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang banyak digunakan untuk mencuci kain. Oleh karena itu untuk mempermudah pekerjaan pencucian, orang-orang membutuhkan mesin untuk mencuci. Pada sekarang ini, mesin cuci sudah memakai teknologi yang dapat memprogram secara otomatis baik dari segi mencuci, membilas, dan mengeringkan. Pengguna cukup menekan tombol dan semuanya akan bekerja secara otomatis. Namun, masih banyak orang yang menggunakan mesin cuci manual, dimana mengisi air, mencuci, mengeringkan dilakukan secara manual dan terpisah. Salah satu sistem yang menjadi perhatian yaitu penyediaan catu daya yang digunakan untuk memberikan daya terhadap module mesin cuci otomatis. Catu daya digunakan sebagai penyedia daya terhadap sensor sensor dan mikrokontroller yang terdapat didalam modul agar sistem dapat bekerja. Pada catu daya tegangan keluaran sangat diperhatikan agar tidak merusak komponen elektronik yang terdapat didalam module mesin cuci otomatis. Pada penelitian ini tegangan keluaran diatur dengan nilai 12 Volt. Untuk mengatasi tegangan jatuh pada saat catu daya diberi beban digunakan sliding mode controller. Kata kunci: mesin cuci otomatisi, catudaya, Sliding Mode Controller (SMC). "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Uncontrolled Keywords: mesin cuci otomatisi, catudaya, Sliding Mode Controller (SMC). "
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.381 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:55
Last Modified: 23 Feb 2022 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186078
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_NUR KHOLIQ_175060300111030 - NUR KHOLIQ.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item