RANCANG BANGUN ALAT MONITORING SUHU, PH, DAN SISTEM PENGURASAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA IKAN GURAMI

Khairy Mahdi, Muhammad (2021) RANCANG BANGUN ALAT MONITORING SUHU, PH, DAN SISTEM PENGURASAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA IKAN GURAMI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Budidaya ikan gurami banyak menarik minat pembudidaya ikan karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Budidaya ikan gurami perlu memperhatikan kualitas air karena kualitas air berpengaruh pada perkembangan ikan. Salah satu kualitas air yang perlu diperhatikan adalah nilai pH dan suhu air. Pembudidaya biasanya memanfaatkan alat ukur pH dan suhu yang ada dipasaran. Pengukuran dilakukan sendiri secara manual sehingga memakan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem yang dapat melakukan monitoring pH dan suhu secara otomatis. Nilai pH dan suhu air akan dibaca oleh sensor. Nilai tersebut akan langsung dikirim ke server melalui WiFi dengan menggunakan protokol MQTT. Nilai pH yang dipantau akan digunakan sebagai penentu kapan akan dilakukan proses pengurasan. Proses pengurasan lalu dilanjutkan dengan proses pengisian kolam untuk menjaga air kolam pada ketinggian yang sama. Dari hasil pengujian didapat bahwa alat mampu membaca parameter suhu dan pH air. Data yang diterima oleh server sama dengan data yang dikirim dengan interval satu jam. Pengiriman data menggunakan WiFi dan MQTT berjalan lancar tanpa ada data yang hilang hingga jarak 15 m pada ruang terbuka. Pada bagian sistem pengurasan air, sistem mampu mengaktifkan solenoid valve ketika melakukan pengurasan air. Kata kunci: pemantauan kualitas air, pengurasan otomatis, ikan gurami "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Uncontrolled Keywords: pemantauan kualitas air, pengurasan otomatis, ikan gurami "
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:48
Last Modified: 23 Feb 2022 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186076
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_MUHAMMAD_KHAIRY_MAHDI_165060300111028 - MUHAMMAD KHAIRY MAHDI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item