Pengaruh Penambahan Flame Connector Berbahan Katalis Kaolin dengan Variasi Geometri Terhadap Performansi Kompor Biomassa Wood Pellet

Abdurrochman, Muchammad (2021) Pengaruh Penambahan Flame Connector Berbahan Katalis Kaolin dengan Variasi Geometri Terhadap Performansi Kompor Biomassa Wood Pellet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencemaran lingkungan dan krisis energi fosil adalah masalah yang sedang terjadi saat ini dan akan bertambah buruk dalam beberapa tahun kedepan. Energi alternatif yang lebih bersih menjadi pilihan untuk mengurangi dampak buruk tersebut, Salah satunya yaitu biomassa. Biomassa merupakan salah satu energi baru dan terbarukan (EBT) yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan maupun hewan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia karena jumlahnya yang melimpah. Wood pellet adalah salah satu pengembangan dalam pemanfaatan energi biomassa dengan memadatkan partikel kayu untuk meningkatkan nilai kalor per unit volume, mengurangi jumlah abu pada sisa hasil pembakaran dan meningkatkan kapasitas panas. Tetapi, wood pellet jika dibakar langsung akan menghasilkan asap jelaga yang pekat dan akan mempengaruhi efisiensinya. Penelitian ini menggunakan wood pellet stove dengan penambahan flame connector berbahan kaolin. Flame connector merupakan bagian yang terletak diatas combustion chamber dari wood pellet stove. Flame connector berfungsi untuk memperoleh api yang lebih stabil dan efisiensi termal yang optimal. Kaolin adalah mineral yang terdapat pada batuan sedimen dikenal dengan nama batu lempung. Kaolin banyak diaplikasikan di industri seperti kertas, keramik, karet, plastik, cat, fiberglass, dan kosmetik. Flame connector berbahan kaolin yang dipakai, sebelumnya dipanaskan pada temperatur diatas 1000℃ untuk menghilangkan kadar air dan memperbesar luas permukaan pori-porinya. Kaolin yang dipakai pada bahan pembuatan flame connector bertujuan sebagai adsorben senyawa kimia khusunya potassium (K) yang terkandung dalam gas emisi hasil pembakaran wood pellet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performansi dari wood pellet stove saat ditambahkan flame connector berbahan katalis kaolin. Pada proses pengujian ini menggunakan flame connector dengan 5 variasi (tanpa flame connector, plat disk, plat cone, katalis disk, dan katalis cone). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan 2 macam pengujian yaitu, water boiling test dan visualisasi nyala api. Hasil penelitian visualisasi nyala api menunjukkan terdapat peningkatan temperatur api, pembentukan api yang berwarna oranye kebiruan dan pengurangan asap jelaga setelah menggunakan flame connector berbahan kaolin. Sedangkan untuk variasi geometri menunjukkan perubahan yang relatif kecil. Namun, peningkatan temperatur ini juga diikuti dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi dan efisiensi yang kecil dikarenakan pembentukan api yang kecil karena tertahan oleh flame connector dan bahan flame connector yang tidak mampu menghantarkan panas dengan baik sehingga api tidak dapat termanfaatkan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:29
Last Modified: 23 Feb 2022 00:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186071
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_MUCHAMMAD ABDURROCHMAN_175060200111020 - Muchammad Abdurrochman.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item