ANALISIS KESESUAIAN PERSYARATAN GMP DAN HACCP PADA PRODUKSI KERIPIK PISANG EL-BANNA (STUDI KASUS DI UMKM NAHNU INSAN GHONI, MALANG)

Khafid Ridlo Pratama, Moh. (2021) ANALISIS KESESUAIAN PERSYARATAN GMP DAN HACCP PADA PRODUKSI KERIPIK PISANG EL-BANNA (STUDI KASUS DI UMKM NAHNU INSAN GHONI, MALANG). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM Nahnu Insan Ghoni merupakan salah satu industri yang memproduksi keripik pisang, berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hasil observasi awal menunjukkan adanya penyimpangan terhadap aspek-aspek GMP, SSOP, dan HACCP. Penyimpangan yang terjadi memiliki potensi bahaya yang dapat mempengaruhi tingkat keamananan pangan dari produk yang dihasilkan, sehingga perlu dilakukan analisa lebih mendalam terkait kesesuaian keseluruhan aspek yang ada pada GMP, SSOP, dan HACCP. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat penyimpangan terhadap 10 aspek dari 17 aspek GMP, dengan penyimpangan serius, dan kritis. Penilaian SSOP menunjukkan bahwa terdapat penyimpangan terhadap 8 aspek kunci SSOP. Selanjutnya dalam prosedur HACCP terdapat 6 proses produksi yang termasuk CCP sehingga perlu ditetapkan batas kritis. Rekomendasi perbaikan diberikan untuk mengatasi permasalahan GMP dan HACCP, di antaranya adalah dengan penutupan pada salah satu dinding yang terbuka, perbaikan pada seluruh dinding dan lantai produksi, perbaikan sarana saluran air untuk pembuangan air rendaman, dan perbaikan tata letak ruang produksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 18:16
Last Modified: 23 Feb 2022 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186068
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_FT_Moh Khafid Ridlo Pratama_175060701111033 - Moh. Khafid Ridlo Pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item