PERANCANGAN PEMBATASAN JUMLAH PENGGUNA PADA RUANGAN PUBLIK

Mahendra, Ivan (2021) PERANCANGAN PEMBATASAN JUMLAH PENGGUNA PADA RUANGAN PUBLIK. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengumuman adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) oleh World Health Organization (WHO) di Wuhan yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 menyebabkan pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Pada peraturan ini, pembatasan kegiatan di tempat umum dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah pengguna dan pengaturan jarak pengguna, tetapi dalam penerapannya jumlah pengguna sangat sulit dikontrol yang mengakibatkan sering terjadinya kelebihan kapasitas apabila tidak ada pengawasan, sehingga mengakibatkan kerumunan. Maka dibutuhkan sebuah sistem yang membantu pemerintah dengan Perancangan Pembatasan Jumlah Pengguna pada Ruangan Publik. Cara kerja sistem adalah sensor ultrasonik mendeteksi pengguna yang masuk atau keluar dalam suatu ruangan, lalu mikrokontroler memutuskan untuk menjalankan prosedur sampai batas tertentu yang kemudian mengaktifkan solenoid pintu, kemudian data jumlah pengguna dikirimkan oleh LoRa SX1278 yang kemudian hasilnya dapat dipantau menggunakan LCD dan PC. Hasil dari sistem yang telah dibuat adalah sistem dapat membaca dan menampilkan jumlah pengguna pada suatu ruangan; jika jumlah pengguna mencapai batas, maka sistem akan mengaktifkan solenoid dan akan menonaktifkan kembali setelah jumlah pengguna berkurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.381 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 17:13
Last Modified: 26 Oct 2021 17:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186063
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO]
Preview
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_IVAN MAHENDRA_165060307111011 - Ivan Mahendra.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item