Pengaruh Electrical Current Plasma Arc Cutting Terhadap Kekasaran Dan Kekerasan Permukaan Pada Spesimen Stainless Steel 316L

Yahya, Hasbi (2021) Pengaruh Electrical Current Plasma Arc Cutting Terhadap Kekasaran Dan Kekerasan Permukaan Pada Spesimen Stainless Steel 316L. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangan teknologi didunia kesehatan, alat-alat yang digunakan pun ikut mengalami perkembangan. Alat-alat yang digunakan untuk didunia medis tersebut disebut biomaterial. Salah satunya adalah implan tulang yang digunakan untuk penyembuhan atau proses pemulihan organ tubuh yang tidak berfungsi dengan normal tanpa menimbulkan efek yang berbahaya. Berbagai macam proses permesinan dapat digunakan untuk memproduksi implan tersebut, salah satunya adalah plasma arc cutting. Plasma arc cutting sendiri adalah suatu alat modern yang dapat dikategorikan sebagai mesin non konvensional yang memanfaatkan busur plasma yang terbentuk diantara nozzle dan benda kerja sehingga pemotongan dapat dilakukan. Dengan menggunakan variasi cutting current pada saat proses pemotongan, didapatkan grafik pengaruh cutting current terhadap kekerasan dan kekasaran permukaan beserta mengulas hasil foto makrostruktur dan mikrostruktur hasil pemotongan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 16:51
Last Modified: 23 Feb 2022 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186061
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_HASBI YAHYA_145060200111049 - Hasbi Yahya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item