Analisis Rantai Pasok Ikan Tuna Segar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Mastura, Nia (2021) Analisis Rantai Pasok Ikan Tuna Segar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pasok ikan tuna segar dan menganalisis efisiensi pemasaran pada rantai pasok ikan tuna segar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik snowball sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan kondisi rantai pasok ikan tuna segar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi dilihat dari struktur rantai pasok terdiri nelayan, tengkulak, pedagang besar, pedagang pengecer, pengolah ikan asap dan pabrik diimana didalamnya terdapat 5 saluran rantai pasok. Proses bisnis rantai pasok ikan tuna segar pada mekanisme cycle view terdapat empat proses yaitu procurement, manufacturing, replenishment, dan customer order. Mekanisme push or pull view sebagian besar menggunakan sistem pull. Pola distribusi pada rantai pasok terdapat aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi. Hasil perhitungan margin pemasaran yang dibandingkan dengan fisherman’s share diperoleh kesimpulan bahwa semua saluran pemasaran ikan tuna segar tergolong pemasaran yang efisien. Hasil perhitungan efisiensi pemasaran diperoleh kesimpulan bahwa saluran pemasaran II (nelayan-tengkulakpedagang besar-pedagang pengecer) tergolong tidak efisien. Empat saluran yang lain yakni saluran I, saluran III, saluran IV dan saluran V tergolong pemasaran yang efisien."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:31
Last Modified: 02 Oct 2024 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186049
[thumbnail of fix-NIA MASTURA.pdf] Text
fix-NIA MASTURA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item