Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menegah Mina Harapan, Desa Adimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur

Oktaviani Putri, Nely (2021) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menegah Mina Harapan, Desa Adimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Abstrak Usaha Kecil Dan Menengah Mina Harapan, Desa Ardimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur merupakan UKM di Malang yang bergerak pada olahan ikan lele, dimana semua produknya terbuat dari bahan baku ikan lele dengan system zero waste. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal, untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan UKM Mina Harapan, untuk mengidentifikasi pengembangan olahan produk ikan lele di UKM Mina Harapan. Analisis pada UKM Mina Harapan yaitu meliputi aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, dan aspek finansial jangka pendek dan jangka panjang. Faktor internal dan faktor eksternal UKM Mina Harapan dianalisis menggunakan matrik IFE dan EFE. Strategi pengembangan usaha UKM Mina Harapan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menegah Mina Harapan, Desa Adimulyo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur dapat disimpulkan bahwa kondisi faktual usaha pada UKM Mina Harapan terdapat beberapa aspek didalamnya yaitu: Aspek teknis pada sarana usaha ini sudah memanfaatkan teknologi canggih. Aspek manajemen sudah baik berjalan sesuai tugas dan fungsinya. Aspek pemasaran pada UKM Mina Harapan dilakukan cukup baik karena melakukan promosi melalui media sosial. Aspek finansiil pada UKM Mina Harapan pada jangka pendek mendapatkan keuntungan. Pada analisis jangka panjang UKM Mina Harapan dinyatakan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan. Pada analisis faktor internal dan eksternal usaha pada UKM Mina Harapan menggunakan analisis SWOT terletak pada posisi kekuatan dan peluang atau strategi Agresif dan berada pada kuadran 1. Strategi pengembangan UKM Mina Harapan menggunakan strategi agresif. Kata kunci: Strategi, SWOT, kelayakan, UKM, dan manajemen."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Uncontrolled Keywords: Strategi, SWOT, kelayakan, UKM, dan manajemen.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:24
Last Modified: 23 Feb 2022 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186039
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nely Oktaviani Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item