"UJI SENSITIVITAS EKSTRAK BUNGA CENGKEH (Syzygium Aromaticum) TERHADAP BAKTERI Edwardsiella Tarda SECARA IN VITRO"

Oktaviani, Nanda Dwi Magetania (2021) "UJI SENSITIVITAS EKSTRAK BUNGA CENGKEH (Syzygium Aromaticum) TERHADAP BAKTERI Edwardsiella Tarda SECARA IN VITRO". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Salah satu masalah yang sangat penting untuk ditangani secara serius yaitu masalah peyakit. Penyakit yang sering terjadi karena infeksius seperti virus, parasit dan bakteri. Salah satu masalah yang sering dihadapi petani ikan yaitu penyakit akibat serangan bakteri Edwardsiella tarda. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sensitivitas antibakteri ekstrak bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) terhadap bakteri Edwardsiella tarda secara In Vitro. Penanganan yang sering dilakukan menggunakan antibiotik, tetapi penggunaan yang terus menerus akan menjadikan resisten. Untuk mengurangi adanya resistensi akibat penggunaan antibiotik maka digunakan tanaman bunga cengkeh (Syzygium aromaticum). Bunga cengkeh memiliki kandungan yang bersifat antibakteri sehingga dapat menghambat adanya pertumbuhan bakteri. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunkan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun perlakuan A (60 ppm), B (120 ppm), C (180 ppm), D (240 ppm) dan perlakuan E (300 ppm) serta menggunakan Kontrol positif (Antibiotik) dan Kontrol Negatif (tanpa perlakuan dosis). Hasil pengamatan selama 24 jam menunjukkan rata-rata diameter zona bening tertinggi pada perlakuan E (300 ppm) sebesar 11,15 mm. Pada pengamatan 48 jam zona bening mengecil yang menandakan sifat antibakteri tersebut bakteriostatik. Penelitian ini menunjukkan pola Linier dengan persamaan Y = 0,0132x + 7,356 dan koefisien nilai determinasi (R2 ) sebesar 0,7434 Kesimpulan yang didapat yaitu semakin tinggi dosis yang digunakan, maka semakin besar zona hambat yang dihasilkan. Selain itu ekstrak bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) terbukti efektif dan sensitif digunakan dalam antibakteri Edwardsiella tarda. Antibakteri ini bersifat bakteriostatik dimana kerjanya menghambat pertumbuhan bakteri. Kata kunci: Edwardsiella Tarda, Bunga Cengkeh, Uji Cakram"

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Uncontrolled Keywords: Edwardsiella Tarda, Bunga Cengkeh, Uji Cakram
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:53
Last Modified: 24 Feb 2022 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186032
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nanda Dwi Magetania Oktaviani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item