Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SiKumuh Sebagai Penataan Kawasan Kumuh Kota Bekasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking

Adhi Bagaskara, Tiar (2021) Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SiKumuh Sebagai Penataan Kawasan Kumuh Kota Bekasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Bekasi memiliki kawasan kumuh seluas 443 Ha namun yang sudah tertangani hingga tahun 2019 sebesar 128,61 Ha. Salah satu penyebab banyaknya daerah kumuh yang belum tertangani adalah belum adanya data dan informasi yang up to date mengenai kondisi kumuh di setiap kecamatan Kota Bekasi, hal tersebut karena sedikitnya laporan dari masyarakat mengenai daerah kumuh. Berawal dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah perancangan user experience aplikasi mobile untuk memudahkan masyarakat membuat laporan daerah kumuh sehingga data dan informasi kondisi kumuh di setiap kecamatan Kota Bekasi akan up to date dan dapat segera ditangani. Metode yang digunakan yaitu metode design thinking yang terdiri dari pengumpulan data dengan melakukan wawancara untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan yang dialami pengguna, analisis permasalahan dan kebutuhan untuk menemukan masalah dan kebutuhan yang diutamakan, perumusan ide solusi untuk menentukan solusi dari permasalahan dan kebutuhan, pembuatan prototype untuk menerapkan solusi berupa fitur aplikasi dan pengujian usability untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi dan kepuasan. Metode yang digunakan ketika pengujian usability adalah task scenario untuk mengukur aspek efektivitas dan efisiensi. System Usability Scale (SUS) untuk mengukur aspek kepuasan. Hasil dari desain solusi aplikasi pada aspek efektivitas mendapatkan skor 88,5% untuk yang pernah melapor daerah kumuh dan 82,8% untuk yang tidak pernah melapor daerah kumuh, aspek efisiensi mendapatkan skor 81,8% untuk yang pernah melapor daerah kumuh dan 76,3% untuk yang tidak pernah melapor daerah kumuh, aspek kepuasan mendapatkan skor 82 untuk yang pernah melapor daerah kumuh dan 76,5 untuk yang tidak pernah melapor daerah kumuh. Ketiga aspek tersebut kemudian dirata – rata dan mendapat nilai akhir usability sebesar 84,1 untuk yang pernah melapor daerah kumuh yang termasuk ke dalam golongan A (excellent) dan 78,5 untuk yang tidak pernah melapor daerah kumuh yang termasuk ke dalam golongan B (good).

English Abstract

Bekasi City has a slum area of 443 hectares but only 128.61 hectares have been handled until 2019. The causes of the large number of unhandled slum areas was the absence of up-to-date data and information regarding slum conditions in each sub-district of Bekasi City due to the lack of reports from the public regarding slum areas. Starting with these issues, a mobile application user experience design is required to make it easier for people to make slum area reports, so that data and information on slum conditions in every sub-district of Bekasi City are up to date and can be handled immediately. The design thinking method was used, which entailed collecting data through interviews to determine the problems and needs experienced by users, analyzing problems and needs to determine priority problems and needs, formulating solution ideas to determine solutions of the problems and needs, creating prototypes for implementing solutions in the form of application features, and testing usability of effectiveness, efficiency and satisfaction. A task scenario is used when testing usability to measure aspects of effectiveness and efficiency. The System Usability Scale (SUS) is used to assess different aspects of satisfaction. The results of the application solution design on the effectiveness aspect received a score of 88,5% for those who had reported slum areas and 82.8% for those who never reported slum areas, the efficiency aspect received a score of 81,8% for those who had reported slum areas and 76.3% for those who never reported slum areas, the satisfaction aspect received a score of 82 for those who had reported slum areas and 76.5 for those who had never reported slum areas. The three aspects were then averaged and got a final usability score of 84,1 for those who had reported on slum areas that were included in the category A (excellent) and 78.5 for those who had never reported on slums that were included in category B (good).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 004
Uncontrolled Keywords: pengalaman pengguna, design thinking, pengujian usability, task scenario, System Usability Scale (SUS), user experience, design thinking, usability testing, task scenario, System Usability Scale (SUS)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:44
Last Modified: 11 Oct 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186019
[thumbnail of Tiar Adhi Bagaskara.pdf] Text
Tiar Adhi Bagaskara.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item