LITERATURE REVIEW: INDUKSI SEX REVERSAL PADA IKAN CUPANG (Betta splendens) DENGAN LARUTAN ANDROGEN YANG BERBEDA

Azmi Amanullah, Muhammad (2021) LITERATURE REVIEW: INDUKSI SEX REVERSAL PADA IKAN CUPANG (Betta splendens) DENGAN LARUTAN ANDROGEN YANG BERBEDA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan cupang (Betta splendens) merupakan salah satu ikan yang diminati bagi penghobi ikan secara Nasional dan Internasional. B. splendens jantan yang memiliki bentuk tubuh serta warna tubuh yang lebih cerah dibandingkan B. splendens betina. Keadaan ini menyebabkan B. splendens jantan lebih diminati. Sex reversal (maskulinisasi) merupakan salah satu cara dalam meningkatkan produksi B. splendens yang umumnya dilakukan dengan androgen sintesis seperti 17 α- methyltestosterone. Akan tetapi, sifatnya yang berbahaya penggunaannya dilarang di Indonesia. Penggunaan androgen alami seperti ekstrak daun purwoceng (P. alpina), tepung teripang pasir (H. scabra), tepung testis sapi, dan propolis dapat menimbulkan maskulinisasi pada B. splendens. Tepung testis sapi dan propolis memberikan hasil terbaik dengan persentase ikan jantan sebanyak 87% dan 72,53% yang memiliki nilai sebanding dengan penggunaan 17 α- methyltestosterone. Keadaan ini menyebabkan penggunaan androgen alami dapat digunakan sebagai alternatif dari androgen sisntesis dalam sex reversal ikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:24
Last Modified: 23 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185988
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD AZMI AMANULLAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item