Tingkat Inklusivitas Sekolah di Kabupaten Blitar Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusif

Asistya, Sonia (2021) Tingkat Inklusivitas Sekolah di Kabupaten Blitar Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tingkat inklusivitas sekolah di Kabupaten Blitar dalam menerapkan pendidikan inklusif. Konsep yang digunakan adalah Index For Inclusion dari Ainscow dan Booth. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat inklusivitas sekolah di Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di SD-SMA negeri di Kabupaten Blitar. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling, kuesioner menggunakan skala Likert yang telah dimodifikasi. Hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini menunjukkan sebesar 0.845 yang berarti lebih besar dari 0.7 sehingga dinyatakan reliabel atau konsisten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat inklusivitas sekolah di Kabupaten Blitar masuk dalam kategori sedang, dilihat dari berbagai kategori responden diantaranya responden kepala sekolah dan guru tingkat inklusivitas dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 62,6%, responden staf dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 100%, responden wali murid dalam kategori sedang dengan persentase 66,7%, dan responden siswa dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 100%.

English Abstract

This study discusses the level of school inclusiveness in Blitar district in implementing inclusive education. The concept used is Index for Inclusion from Ainscow and Booth. The purpose of this study is to find an image of the level of school inclusiveness in Blitar. The method used is a quantitative method with a descriptive analysis. The study is conducted at public elementary until high school in Blitar district. The sample collection done by proportionate stratified random sampling,a questionnare is using a Likert scale which has been modified. The reliability test result in this study shows 0.845 which means greater than 0.7 so that is was declaired reliable or consistent. The result of this study indicate that the level of school inclusiveness in Blitar district is in the medium category, seen from various categories of respondents including headmaster and teachers respondents in the medium category with a percentage of 62,6%, staff respondents in the high category with a percentage of 100%, parents respondents in the medium category with a percentage of 66,7%, and students respondents in the medium category with a percentage of 100%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 301
Uncontrolled Keywords: Inklusivitas, Pendidikan Inklusif, Kabupaten Blitar, Inclusivity, Inclusive Education, Blitar District.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:20
Last Modified: 11 Oct 2024 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185987
[thumbnail of Sonia Asistya.pdf] Text
Sonia Asistya.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item