Khalayak Konten Berita di Media Sosial Instagram: Motivasi Khalayak Mengonsumsi Konten Berita dan Melakukan Interaksi dalam Kolom Komentar Akun Instagram @folkative

Triana Novitasari, Ananda (2021) Khalayak Konten Berita di Media Sosial Instagram: Motivasi Khalayak Mengonsumsi Konten Berita dan Melakukan Interaksi dalam Kolom Komentar Akun Instagram @folkative. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan media sosial Instagram sebagai sumber berita dan info terkini menunjukkan peningkatan yang signifikan, khususnya di kalangan anak muda. Salah satu akun Instagram media yang saat ini tengah mencuri perhatian banyak kalangan anak muda pengguna Instagram adalah Folkative. Folkative merupakan media online yang fokus menyorot berita dan informasi-informasi terkini mengenai seni, budaya, creative culture, hingga merek lokal Indonesia (Folkative, 2018). Dalam praktiknya, Folkative memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya berbeda dari media berita pada umumnya. Meski begitu, Folkative berhasil mendapatkan 1,3 juta pengikut dan menjadi media yang paling unggul di antara media sejenisnya. Penelitian ini memberikan perhatian pada perspektif khalayak Folkative, khususnya motivasi khalayak dalam mengonsumsi konten berita di Folkative dan melakukan interaksi dalam kolom komentar konten berita Folkative. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil wawancara dengan delapan informan, penelitian ini menemukan beberapa kategori tentang motivasi khalayak dalam mengonsumsi konten berita Folkative, yaitu isi konten berita yang menarik bagi khalayak, penyampaian konten berita yang menarik bagi khalayak, keuntungan yang didapatkan khalayak, dan kebutuhan yang ingin dipenuhi khalayak. Sedangkan, beberapa kategori yang ditemukan peneliti tentang motivasi khalayak dalam melakukan interaksi di kolom komentar Folkative, yaitu kesan khalayak terhadap interaksi dalam kolom komentar Folkative, isi komentar pengguna lain yang menarik bagi khalayak, konten berita di Folkative, keuntungan yang didapatkan khalayak, tujuan berinteraksi dalam kolom komentar Folkative. Dimensi dalam teori uses and gratifications membantu peneliti mengidentifikasi motif-motif apa saja yang muncul dari hasil penelitian, yaitu motif informasi, integrasi dan interaksi sosial, identitas pribadi, hiburan, ekspresi opini, dan berbagi informasi.

English Abstract

The use of Instagram as a source of news and information updates shows a significant increase, especially among youth. One of the Instagram media account that is currently stealing the attention of many young Instagram users is Folkative. Folkative is an online media that focuses on highlighting the latest news and information on art, culture, creative culture, and Indonesian local brands (Folkative, 2018). Practically, Folkative has a number of characteristics that make it different from news media in general. However, Folkative managed to get 1.3 million followers and became the most superior media among its kind. This research pays attention to the perspective of the Folkative audience, especially the audience motivation in consuming news content in Folkative and interacting in the comments section of Folkative news content. Researcher used qualitative methods and descriptive research types. Based on the results of the analysis on the transcript of interviews with eight informants, this study found several categories of audience motivation in consuming Folkative news content, namely news content that is attractive to the audience, delivery of news content that is attractive to the audience, benefits obtained by the audience, and needs. who want to be filled by the audiences. Meanwhile, several categories found by researchers about audience motivation in interacting in the Folkative comment section, namely audience impressions of interactions in the Folkative comment section, the content of other user comments, news content in Folkative, benefits obtained, the purpose of interacting in the Folkative comment section. The dimension in the uses and gratifications theory helps researcher identify any motives that arise from the research results, namely motive of information, social integration and interaction, personal identity, entertainment, opinion expression, and information sharing.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 302.2
Uncontrolled Keywords: Motivasi khalayak, Konten berita, Konsumsi berita, Interaksi dalam kolom komentar, Media Sosial, Instagram, Audience motivation, News content, News consumption, Interaction in comment section, Social media, Instagram.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:06
Last Modified: 15 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185981
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO]
Preview
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ananda Triana Novitasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item