Perencanaan Pengelolaan Ruang (Pemetaan) Kawasan Konservasi Badher Bank, Sungai Brantas, Blitar, Jawa Timur

Hafizs Tavo, Muhamad (2021) Perencanaan Pengelolaan Ruang (Pemetaan) Kawasan Konservasi Badher Bank, Sungai Brantas, Blitar, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sungai Brantas bermata air di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang berasal dari simpanan air Gunung Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan ruang (tata guna lahan) di Kawasan Konservasi Omah Iwak Badher Bank yang berada di Desa Tawangrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Data yang digunakan terdiri dari data satelit Landsat-8 dan koordinat Kawasan Konservasi Omah Iwak Badher Bank. Alat yang digunakan adalah peragkat lunak (softwere) ArcGIS 10.3, dan data yang digunakan adalah data citra satelit Landsat-8. Analisa dilakukan berdasarkan tiga aspek yaitu pembatasan zona, pembagian fungsi, dan peningkatan nilai kawasan. Ketiga aspek tersebut akan dikaitkan dengan sembilan isu utama wisata berkelanjutan yaitu, isu musim pariwisata, isu ketenaga kerjaan, isu pengembangan ekonomi destinasi wisata, isu pemerintah, isu kepuasan masyarakat lokal, isu manajemen energi, isu manajemen air, isu pengelolaan limbah cair, dan isu pengelolaan limbah padat. Penelitian ini menghasilkan output peta tata guna lahan kawasan konservasi Omah Iwak Badher Bank, perencanaan fasilitas dan destinasi baru, dan perencanaan jalur wisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:32
Last Modified: 24 Feb 2022 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185975
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Hafizs Tavo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item