Review: Aktivitas Antioksidan Mikrokapsul Fikosianin Dari Mikroalga Spirulina sp. Dengan Berbagai Metode Ekstraksi

Mu'Arifah, Mu'Arifah (2021) Review: Aktivitas Antioksidan Mikrokapsul Fikosianin Dari Mikroalga Spirulina sp. Dengan Berbagai Metode Ekstraksi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fikosianin merupakan pigmen golongan fikobiliprotein yang bersifat hidrofilik, intens ditemukan pada mikroalga Spirulina sp. dan diketahui memiliki potensi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Ekstraksi fikosianin dilakukan dengan berbagai macam metode diantaranya freezing-thawing, maserasi, Ultrasound-Assisted Extraction (UAE), Microwave Assisted Extraction (MAE) dan Supercritical Fluid Extraction (SFE). Mikroenkapsulasi fikosianin dilakukan dengan beberapa metode diantaranya Freeze drying, Spray drying dan ekstruksi. Serta bahan penyalut yang digunakan diantaranya maltodekstrin, alginat, karagenan dan Gum arab secara kombinasi maupun tidak. Aktivitas antioksidan mikroenkapsulan pigmen fikosianin diuji dengan menggunakan metode DPPH. Dalam meredam radikal bebas, fikosianin mendonorkan atom H dan mendelokalisasinya menjadi ikatan rangkap pada radikal bebas sehingga menjadi lebih stabil dan membentuk antioksidan yang tidak reaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:55
Last Modified: 24 Sep 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185963
[thumbnail of MU`ARIFAH.pdf] Text
MU`ARIFAH.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item