Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Udang Indonesia ke Jepang Tahun 2010-2019

Nurul Aini, Qori (2021) Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Udang Indonesia ke Jepang Tahun 2010-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komoditas udang adalah salah satu komoditas unggulan Indonesia. Udang termasuk kedalam sepuluh produk utama ekspor Indonesia. Nilai ekspor udang memberikan share yang tinggi sebesar 33,52% terhadap total nilai ekspor Indonesia. Ekspor komoditas udang Indonesia ke pasar Internasional terdiri dari udang beku, udang olahan, dan udang segar. Salah satu pasar Internasional tujuan ekspornya adalah Jepang. Tingginya daya saing ekspor komoditas udang di Jepang membuat Indonesia harus mengetahui daya saing dan posisi komoditas udang di Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan posisi daya saing ekspor komoditas udang Indonesia ke Jepang tahun 2010-2019. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pusat Statistik dan UN Comtrade. Penelitian dilakukan menggunakan data time series dari tahun 2010-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis daya saing komoditas udang Indonesia ke Jepang dan Export Product Dynamic (EPD) untuk menganalisis daya saing komoditas udang Indonesia ke Jepang. Hasil analisis daya saing komoditas udang Indonesia ke Jepang pada tahun 2010-2019 dengan menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA), didapatkan bahwa komoditas udang Indonesia memiliki daya saing yang kuat di Jepang. Hal ini diketahui dengan nilai RCA Indonesia >1 (lebih dari satu). Indonesia memiliki daya saing yang kuat untuk produk udang beku, udang olahan kemasan tidak kedap udara, dan kemasan kedap udara namun untuk udang segar daya saingnya masih lemah. Sedangkan hasil analisis menggunakan metode Export Product Dynamic (EPD), didapatkan bahwa komoditas udang Indonesia berada di posisi falling star yang terdiri dari udang beku, udang segar, udang olahan kemasan tidak kedap udara, dan kemasan kedap udara. Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ekspor komoditas udang Indonesia memiliki fluktuasi yang bervariasi dengan nilai rata-rata RCA lebih dari 1 untuk udang beku, udang olahan kemasan tidak kedap udara, dan kemasan kedap udara. Komoditas udang Indonesia tersebut ke Jepang memiliki keunggulan komparatif dan berdaya saing kuat dengan negara eksportir komoditas udang ke Jepang lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan India. Posisi daya saing ekspor komoditas udang Indonesia ke Jepang pada tahun 2010-2019 yang terdiri dari udang beku, udang segar, udang olahan kemasan tidak kedap udara, dan kemasan kedap udara berada pada posisi “falling star”. Pada posisi tersebut ekspor komoditas udang Indonesia memiliki keunggulan kompetitif namun berdaya saing lemah, karena pertumbuhan ekspor komoditas udang Indonesia cenderung stagnan. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti adalah dapat menambahkan metode lainnya yang lebih menguatkan hasil penelitian. Pelaku usaha adalah dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor komoditas udang Indonesia agar semakin dapat bersaing di pasar internasional terutama Jepang dan mencapai posisi “rising star”. Pemerintah adalah dapat meningkatkan diversifikasi produk ekspor udang Indonesia terutama udang olahan.

English Abstract

Shrimp is one of the best Indonesia’s commodities. Shrimp included to the ten of main export products in Indonesia. The export value of shrimp gives a high share of the total value of Indonesia's exports with 33,52 percent. Shrimp’s export from Indonesia to the International market consists in frozen shrimp, processed shrimp, and fresh shrimp. Japan is the one of the International market export of Indonesia. The high of competitiveness of the shrimp commodities export in Japan, Indonesia must knowing the competitiveness and position of the shrimp commodity in Japan. The purpose of this reseach are to analyze the competitiveness and the position of the competitiveness of shrimp’s export from Indonesia to Japan in 2010- 2019. The type of this research is quantitative descriptive with data used is secondary data obtained from the Ministry of Marine affairs and Fisheries, the Central bureau of Statistics and UN Comtrade. This research using time series data from 2010-2019. Data analysis method are the Revealed Comparative Advantage (RCA) to analyze the competitiveness of the shrimp’s commodity from Indonesia to Japan and Export Product Dynamic (EPD) to analyze the competitiveness of the shrimp’s commodity from Indonesia to Japan. The results of the analysis of the competitiveness of shrimp’s commodity from Indonesia to Japan in 2010-2019 with Revealed Comparative Advantage (RCA) method is the Indonesian shrimp’s commodity have a strong competitiveness in Japan, with the value of the Indonesia’s RCA >1 (more than one). Indonesia has a strong competitiveness in frozen shrimp, shrimp processed not in airtight containers, and in airtight containers but for the fresh shrimp competitiveness is still weak. The results of the analysis of Export Product Dynamic (EPD) method is a position of shrimp’s commodity in falling star that consists of frozen shrimp, fresh shrimp, shrimp processed not in airtight containers, and in airtight containers. In this position, indonesian shrimp's export has a competitive advantage but the competitiveness is weak, because the growth of Indonesian shrimp's export tend to stagnate. The Advice that can be given to the researcher is to add the other methods that strengthen the results of the research. Businesses are to improve the quality and quantity of Indonesian shrimp's export to be more to compete in the international market, especially in Japan and reach the rising star's position. The government is to increase the diversification of the export Indonesian shrimp product's, especially processed shrimp.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 338.372 7
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:19
Last Modified: 24 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185944
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
QORI NURUL AINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item