Analisis Kelayakan Usaha Pembenihan Ikan Patin (Pangasius SP) Di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Pamungkas, Asthalokapala Prayoga (2020) Analisis Kelayakan Usaha Pembenihan Ikan Patin (Pangasius SP) Di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau sebanyak 17.506 pulau dan keliling panjang garis pantai mencapai 81.000 km. Total luas perairan Indonesia sekitar 5,8 juta km2 atau sekitar 75% dari total luas wilayah Indonesia. Sehingga sektor perikanan menjadi salah satu sektor riil yang potensial di Indonesia. Besarnya potensi perikanan tersebut perlu dikelola sebaik mungkin agar sektor perikanan baik perikanan air laut maupun perikanan air tawar dapat menjadi andalan pemerintah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan dibidang pembangunan dan perkembangan ekonomi Indonesia serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan. Peningkatan pertumbuhan budidaya air tawar didasarkan pada potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh Indonesia, salah satu komoditas air tawar yang memiliki potensi untuk dikembangkan adalah ikan patin. Kegiatan budidaya ikan patin merupakan salah satu kegiatan agribisnis, suatu kegiatan agribisnis dapat berjalan dengan baik dengan adanya faktor pendukung dari kegiatan tersebut. Salah satu faktor pendukungnya adalah penyediaan kawasan berbasis perikanan dalam hal ini disebut sebagai kawasan agropolitan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis (1) Profil usaha pembenihan ikan patin (Pangasius sp) di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung(2) Kondisi kelayakan usaha pada aspek finansial usaha pembenihan ikan patin(pangasius sp) Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungangung (3) Kondisi kelayakan usaha pada aspek finansial pembenihan ikan patin (pangasius sp) di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil uji kelayakan usaha pembenihan ikan patin (pangasius sp) di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung diperoleh penerimaan sebesar Rp 22.483.200, nilai NPV sebesar Rp107.144.008 nilai Net B/C sebesar 2,21, kemudian nilai IRR sebesar 42,42%, dan PP senilai 1,83. Dari hasil nilai NPV dan IRR menunjukkan bahwa dalam jangka waktu 10 tahun usaha budidaya ikan patin (pangasius sp) di Desa Gondosuli layak untuk dijalankan. Dikarenakan nilai NPV menunjukkan angka positif besar sekali. Dan nilai IRR yang menunjukkan angka diatas tingkat suku bunga yaitu 12%

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:06
Last Modified: 12 Apr 2023 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185929
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ASTHALOKAPALA PRAYOGA PAMUNGKAS W.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item