Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Produk Ikan Dalam Kaleng Sarden ABC

Halimah, Annisa Nur (2021) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Produk Ikan Dalam Kaleng Sarden ABC. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk ikan kaleng sarden merupakan salah satu produk olahan hasil perikanan yang dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan menjadi andalan saat tidak memiliki banyak waktu memasak. Salah satu produk ikan kaleng sarden yang cukup terkenal adalah ikan sarden merk ABC. Produk ikan kaleng sarden ABC ini sudah dikemas dengan aman dengan proses pengalengan. Produk ikan sarden ABC ini adalah solusi tepat apabila tidak memiliki waktu banyak untuk memasak dan ingin menyantap makanan yang cukup bergizi. Ikan sarden ABC ini memiliki gizi yang baik untuk dikonsumsi dengan kandungan gizinya yaitu, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, omega 3, yodium, dan protein. Banyak produsen yang melihat adanya peluang pasar produk ikan dalam kaleng dengan banyaknya jenis ikan kaleng di pasaran menyebabkan persaingan ketat antar produsen. Para produsen akan bersaing untuk mengenal pasarnya salah satunya dalam hal pengambilan keputusan oleh konsumen. Sangat penting bagi para produsen untuk menemukan dan mempertahankan pelanggan dengan pemenuhan aspek yang dapat memuaskan konsumen Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengaruh: 1) variabel product terhadap kepuasan konsumen, 2) variabel price terhadap kepuasan konsumen, 3) variabel place terhadap kepuasan konsumen, 4) variabel promotion terhadap kepuasan konsumen, 5) variabel people terhadap kepuasan konsumen, 6) variabel process terhadap kepuasan konsumen, 7) variabel physical evidence terhadap kepuasan konsumen, 8) variabel brand image terhadap kepuasan konsumen, 9) variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk ikan kaleng sarden ABC. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian produk sarden ABC minimal 4 kali dalam empat bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS menggunakan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product (X1) berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 2,253 > t-tabel 1,987, variabel price (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 0,609 < t-tabel 1,987, variabel place (x3) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai tstatistik 2,032 > t-tabel 1,987, variabel promotion (x4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 1,213 < t-tabel 1,987, variabel people (x5) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 3,021 > t-tabel 1,987, variabel process (x6) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai tstatistik 3,518 > t-tabel 1,987, variabel physical evidence (x7) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 2,835 > t-tabel 1,987, variabel brand image (x8) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasanviii konsumen (Y1) dengan nilai t-statistik 2,558 > t-tabel 1,987, variabel kepuasan konsumen (Y1) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y2) dengan nilai t-statistik 29,406 > t-tabel 1,987. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel price dan promotion tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial namun berpengaruh secara simultan, sehingga pelaku usaha dapat melakukan inovassi dan diferensiasi produk dengan promosi yang menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel proses, orang, bukti fisik, citra merk, produk, dan lokasi distribusi mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga perlu dipertahankan atau bahkan dikembangkan agar tingkat konsumen yang loyal semakin bertambah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan sebagai tolak ukur keberhasilan usaha untuk jangka panjang, sehingga pelaku usaha perlu meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga tercipta konsumen yang loyal. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menjangkau semua aspek dan kelompok responden dari wilayah, usia, pendidikan, hingga pekerjaan agar hasil yang didapat lebih akurat. Diharapkan juga untuk penelitian mendatang dapat dikembangkan lagi dengan mencari variabel lain selain bauran pemasaran dikarenakan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen serta implikasinya terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak pelaku usaha sebagai kekuatan dalam strategi pemasaran suatu produk dengan peningkatan unsurunsur yang menjadi faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan untuk keberhasilan suatu usaha

English Abstract

Sardine canned fish product is one of the processed fishery products that can last for a long time and become a mainstay when you don't have much cooking time. One of the well-known canned sardines is the ABC brand sardines. This ABC sardine canned fish product has been safely packaged with a canning process. This ABC sardine product is the right solution if you don't have much time to cook and want to eat quite nutritious food. This ABC sardine has good nutrition for consumption with its nutritional content, namely, calcium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, omega 3, iodine, and protein. Many producers see a market opportunity for canned fish products with many types of canned fish on the market causing intense competition between producers. Producers will compete to know their market, one of which is in terms of consumer decision making. It is very important for manufacturers to find and retain customers by fulfilling aspects that can satisfy consumers. The purpose of this study was to analyze the relationship between: 1) product variable on consumer satisfaction, 2) price variable on consumer satisfaction, 3) place variable on consumer satisfaction, 4) promotion variable on consumer satisfaction, 5) people variable on consumer satisfaction, 6 ) process variable to customer satisfaction, 7) physical evidence variable to customer satisfaction, 8) brand image variable to customer satisfaction, 9) consumer satisfaction variable to customer loyalty. The sample of this study was 100 respondents who made purchases and consumed canned sardines ABC products. The sampling technique used in this study was non-probability sampling with the accidental sampling method with the criteria of respondents who had purchased ABC sardines at least 4 times in the last four months. The analytical technique used is descriptive analysis and SEMPLS using smartPLS software. The results of this study indicate that the product variable (X1) has a significant negative effect on consumer satisfaction (Y1) with a t-statistic value of 2.253 > t-table 1.987, the price variable (x2) has no significant effect on consumer satisfaction (Y1) with a t-statistic value 0.609 < t-table 1.987, the place variable (x3) has a significant positive effect on consumer satisfaction (Y1) with a t-statistic value of 2.032 > t-table 1.987, the promotion variable (x4) has no significant effect on consumer satisfaction (Y1) with a t value -statistics 1.213 < t-table 1.987, people variable (x5) has a significant positive effect on consumer satisfaction (Y1) with a t-statistic value of 3.021 > t-table 1.987, process variable (x6) has a significant positive effect on consumer satisfaction (Y1) with t-statistical value 3.518 > t-table 1.987, physical evidence variable (x7) has a significant positive effect on consumer satisfaction (Y1) with t-statistical value 2.835 > t-table 1.987, brand image variable (x8 ) has a significant positive effect on customer satisfaction (Y1) with a t-statistic value of 2.558 > t-table 1.987, the variable customer satisfaction (Y1) has a significant positive effect on customer loyalty (Y2) with a t-statistic value of 29.406 > t-table 1.987. The results of this study indicate that price and promotion variables do not have a significant effect on consumer satisfaction partially but have a simultaneous effect, so that business actors can carry out innovation and product differentiation with attractive promotions. The results of this study indicate thatx process variables, people, physical evidence, brand image, products, and distribution locations affect consumer satisfaction so that they need to be maintained or even developed so that the level of loyal consumers increases. The results of this study indicate that customer loyalty as a measure of business success for the long term, so that business actors need to improve the factors that influence consumer satisfaction so as to create loyal consumers. Suggestions for further research can be to conduct similar research by reaching all aspects and groups of respondents from region, age, education, to occupation so that the results obtained are more accurate. It is also hoped that future research can be further developed by looking for other variables besides the marketing mix because there are still many other factors that affect customer satisfaction and their implications for customer loyalty. The results of this study can be used by business actors as a force in the marketing strategy of a product by increasing the elements that are factors that influence customer loyalty for the success of a business

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:46
Last Modified: 27 Sep 2024 09:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185918
[thumbnail of Annisa Nur Halimah.pdf] Text
Annisa Nur Halimah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item