PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN APLIKASI PENGAJUAN IZIN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PONOROGO)

Kurniawan, Arief Dwi (2021) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN APLIKASI PENGAJUAN IZIN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PONOROGO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan Institusi Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang bergerak dalam bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan dengan sistem satu pintu. Namun berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan Kepala Bidang Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Ponorogo, terdapat permasalahan dalam pelayanan perizinan. Dikarenakan sudah terdapat sistem informasi perizinan berbasis web namun pada penerapannya masyarakat selaku pemohon dokumen perizinan masih mengalami kendala dalam mengajukan perizinan dan ketidakpastian waktu pemrosesan dokumen. Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan sistem informasi yang efektif dan lebih mudah untuk digunakan dalam pelayanan perizinan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Perizinan Terpadu (SIPT) dan aplikasi pengajuan izin berbasis android yang menggunakan metode SDLC Waterfall.SIPT akan menjadi backend aplikasi pengajuan izin berbasis android akan menjadi frontend aplikasi. Perancangan sistem dilakukan menggunakan paradigma object oriented, sedangkan implementasi sistem dilakukan menggunakan framework Laravel untuk backend aplikasi dan Android Studio untuk frontend aplikasi yang diintegrasikan menggunakan webservice. Tahap pengujian dilakukan dengan menggunakan Validation Testing yang mendapatkan hasil valid terhadap semua fungsionalitas aplikasi, serta dengan melakukan User Acceptance Testing terhadap stakeholder yang menghasilkan nilai penerimaan sebesar 80% dan Compatibility Testing menggunakan Android Virtual Device (AVD) menghasilkan hasil yang kompatibel terhadap semua perangkat yang diujikan. Kata kunci: pelayanan perizinan, sistem informasi, aplikasi android"

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: pelayanan perizinan, sistem informasi, aplikasi android"
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 000 Computer science, information & general works
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:08
Last Modified: 24 Feb 2022 05:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185851
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARIEF DWI KURNIAWAN - 165150400111067.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item