ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SUSHI DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA SUSHI TEI CABANG BINTARO XCHANGE MALL)

Redya Pratama, Iqrar (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SUSHI DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA SUSHI TEI CABANG BINTARO XCHANGE MALL). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Tingkat konsumsi ikan di Indonesia sendiri selama beberapa tahun terakhir menunjukan peningkatan, terutama 2 tahun terakhir. Pada tahun 2019 Direktorat Jendral PDSPKP melakukan survei perhitungan sementara capaian angka konsumsi ikan nasional di 34 Provinsi mencapai sebesar 55,95kg/kapita/tahun, angka tersebut sudah lebih tinggi dari target dalam mengkonsumsi ikan nasional pada tahun 2019 yaitu sebesar 54,49 kg/kapita/tahun. Angka konsumsi ikan sendiri merupakan tingkat konsumsi masyrakat Indonesia dalam mengkonsumsi biota perairan yang dikonversikan dalam satuan kg/kapita/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan serta tingkat loyalitas konsumen produk Sushi Tei cabang Bintaro XChange Mall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisoner dan observasi. Customer satisfaction index serta importance performance analysis digunakan sebagai metode analisis kepuasan konsumen dan piramida loyalitas digunakan untuk mengukur tingkat loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen produk Sushi Tei cabang Bintaro XChange Mall sudah tergolong dalam kategori sangat memuaskan karena menyentuh angka 83% dalam tabel customer satisfaction index. Tingkat kinerja dari atribut yang memeiliki kepentingan tinggi dalam importance performance matrix juga sudah memenuhi ekspetasi dari konsumen. Tingkat loyalitas konsumen Sushi Tei cabang Bintaro XChange Mall belum dapat dikatakan ideal karena belum membentuk segitiga terbalik yang dimana didapatkan switcher buyer (78,667%), habitual buyer (52,667%), satisfied buyer (84%), liking the brand (79,333%), dan committed buyer (61,333%). Rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kepuasan konsumen sendiri yang didasarkan pada diagram kartesius importance performance matrix khususnya pada kuadran 3, yaitu dengan menyesuaikan harga dengan produk, memudahkan interaksi konsumen serta memberi jaminan komunikasi yang baik saat berada di Sushi Tei cabang Bintaro XChange Mall. Sedangkan rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan loyalitas adalah dengan memberikan layanan yang baik dan juga memberikan tawaran menarik yang dapat membuat konsumen semakin yakin tehadap Sushi Tei cabang Bintaro XChange Mall. "

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: agung
Date Deposited: 24 Oct 2021 12:55
Last Modified: 24 Feb 2022 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185822
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Iqrar Redya Pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item