Review : Pemberian Bahan Alami Terhadap Maskulinisasi pada Beberapa Spesies Ikan

Isnina Zuhra, Halida (2021) Review : Pemberian Bahan Alami Terhadap Maskulinisasi pada Beberapa Spesies Ikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sex reversal adalah rekayasa hormonal untuk merubah karakter seksual ikan. Sex reversal dibagi menjadi 2 yaitu, maskulinisasi dan feminisasi. Umumnya maskulinisasi dilakukan dengan pemberian hormon steroid sintetik berupa 17α-metiItestosteron. Saat ini KKP telah membatasi penggunaan hormon sintetik karena berbahaya bagi hewan dan manusia. Tujuan dari review ini adalah untuk mengetahui macam bahan alami yang berpotensi digunakan untuk maskulinisasi dan efeknya pada beberapa spesies ikan. Bahan alami yang dapat digunakan untuk maskulinisasi adalah madu, purwoceng, seledri, gandola, ginseng, lidah buaya, rujak polo, air kelapa, shatavari, cabe jawa, pinus, teripang pasir, bulu babi, pasak bumi, dan testis sapi. Hasil penelitian terdahulu pada ikan cupang dengan bahan ekstrak akar ginseng mendapatkan presentase jantan tertinggi yaitu 95,05%. Pada ikan guppy dengan bahan air kelapa mendapatkan presentase jantan tertinggi yaitu 90%. Pada ikan nila dengan bahan akar shatavari mendapatkan presentase ikan jantan tertinggi yaitu 90,6%. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan maskulinisasi adalah pemberian dosis yang tepat, metode yang digunakan, dan durasi pemberian hormon.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: agung
Date Deposited: 24 Oct 2021 11:56
Last Modified: 25 Feb 2022 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185813
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HALIDA ISNINA ZUHRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item