Pengaruh Informativeness Value dan Entertainment Value Terhadap Customer Inspiration dan Dampaknya Pada Purchase Intention (Survei Pada Masyarakat kota DKI Jakarta yang Menonton Iklan J3K Gojek)

Simamora, Shania Brenna (2021) Pengaruh Informativeness Value dan Entertainment Value Terhadap Customer Inspiration dan Dampaknya Pada Purchase Intention (Survei Pada Masyarakat kota DKI Jakarta yang Menonton Iklan J3K Gojek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran memiliki peranan penting untuk mengomunikasikan produk/jasa kepada target audiens. Persepsi seseorang terhadap sebuah iklan yang bernilai adalah iklan memiliki nilai informatif dan nilai hiburan. Iklan yang bernilai dihargai oleh target audiens dengan tidak mengabaikan iklan, respon positif ini menunjukan bahwa stimulus iklan diterima. Proses penerimaan stimulus iklan menciptakan keadaan seseorang terinspirasi-oleh stimulus dan terinspirasi-untuk mengaktualisasikan penerimaan stimulus tersebut. Keinginan untuk mengaktualisasikan stimulus yang diterima kemudian mendorong seseorang untuk niat membeli produk/jasa yang dikomunikasikan dalam iklan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Informativeness Value terhadap Inspired-by, pengaruh Entertainment Value terhadap Inspired-by, pengaruh Inspired-by terhadap Inspired-to dan pengaruh Inspired-to terhadap Purchase Intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat kota DKI Jakarta yang menonton iklan J3K Gojek dengan total jumlah sampel sebanyak 116 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data primer penelitian diolah menggunakan SPSS 26 dan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Informativeness Value berpengaruh signifikan terhadap Inspired-by, Entertainment Value berpengaruh signifikan terhadap Inspired-by, Inspired-by berpengaruh signifikan terhadap Inspired-to, dan Inspired-to berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention."

English Abstract

Advertising as a kind of marketing communication, plays a significant function in communicating products/services to the target audience. According to people's perceptions, what makes advertising valuable is its informativeness and entertainment value. The target audience appreciates valuable advertising by not ignoring it; this positive response implies that the advertising stimulus is accepted. The process of receiving an advertising stimulus creates a state in which a person is inspired-by the stimulus and inspired-to actualize the stimulus's acceptance. The desire to fulfill the stimulation received then motivates someone to buy the product/service communicated in the advertisement. The purpose of this research is to analyze and explain the effect of Informativeness Value on Inspired-by, the effect of Entertainment Value on Inspired-by, the effect of Inspired-by on Inspired-to and the effect of Inspired-to on Purchase Intention. This study used explanatory research with quantitative approaches. The data was gathered by distributing questionnaires to DKI Jakarta residents who watched the J3K Gojek advertisement, receiving a total of 116 respondens. The sampling technique used was purposive sampling. The research primary data collection processed by SPSS 26 and SmartPLS 3.0. The findings of this study indicate that Informativeness Value has a significant effect on Inspired-by, Entertainment Value has a significant effect on Inspired-by, Inspired-by has a significant effect on Inspired-to, Inspired-to has a significant effect on Purchase Intention

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication, Advertising Value, Customer Inspiration, Consumer Psychology, Purchase Intention, Marketing Communication, Advertising Value, Customer Inspiration, Consumer Psychology, Purchase Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 06:10
Last Modified: 25 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185764
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shania Brenna Simamora.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item