Arissaputra, Reyhan (2021) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Followers Aktif Instagram UNIQLO Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini teknologi informasi memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis disebabkan oleh meningkatnya keinginan gaya hidup yang lebih praktis dan dapat menghemat waktu sehingga banyak perusahaan beranggapan bahwa mengaplikasikan social media marketing saja dapat memudahkan dan menambah value bagi produknya lebih murah dan efisien. Saat ini social media tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi dan berbagi cerita, tetapi dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk menunjang bisnis adalah instagram. Dimana pada instagram terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menunjukan nilai positif dari barang yang akan kita pasarkan. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan apakah perangkat media sosial juga akan mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Social media marketing secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Uniqlo Indonesia. Sehingga nantinya penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada bidang akademis dan praktis terhadap penggunaan social media untuk sarana pemasaran suatu brand. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah followers Instagram @UniqloIndonsia dengan sampel 100 orang. Sumber data diperoleh dari data primer dengan menyebar kuesioner online. Penelitian ini menggunakan analisis linear dengan bantuan software SPSS 22. Responden pada penelitian ini terdiri dari 48 orang laki – laki dan 52 orang perempuan. Berdasarkan usianya, responden yang didapat memiliki rentang usia 20 – 25 tahun sebanyak 74% dan 25 – 30 tahun sebanyak 26%. Berdasarkan kegiatan responden didapatkan 44% responden adalah karyawan swasta, mahasiswa 25%, wiraswasta 19%, sedangkan sisanya adalah pegawai bumn, pns, serta mahasiswa yang berwiraswasta sebanyak 12%. Berdasarkan domisilinya, responden tersebar pada Jakarta 43%, Jawa Timur 24%, Jawa Barat 15%, Sumatera 7%, Tangerang 6%, Jawa Tengah 5%. Dengan pendapatan rata – rata berkisar antara Rp. 2.500.001 – Rp. 5.000.000 sebanyak 55%. Hasil penelitian ini menunjukan Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,502 dan signifikan t 0,000. Sehingga Social media marketing mampu menjelasakan variabel dependent yaitu Keputusan Pembelian (Y) sebesar 50,2%. Item content creation memiliki pengaruh terbesar pada variabel social media vii marketing dengan nilai rata – rata 4,00 dari 100 responden. Sedangkan pada item citra merek dalam variabel keputusan pembelian memiliki nilai rata – rata tertinggi dari 100 responden yaitu 4,01 yang menunjukan citra merek sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
English Abstract
Currently information technology plays an important role in business development due to the increasing desire for a more practical and time-saving lifestyle so that many companies think that applying social media marketing alone can make it easier and add value to their products more cheaply and efficiently. Currently social media is not only used as a means of communication and sharing stories, but can be used for business purposes. One of the social media that can be used to support business is Instagram. Where on Instagram there are several features that can be used to show the positive value of the items we are going to market. This of course raises the question of whether social media devices will also influence purchasing decisions made by consumers. Based on this, this study aims to determine and explain the effect of Social media marketing partially influencing the purchasing decisions of Uniqlo Indonesia products. So that later this research is expected to contribute to the academic and practical field of the use of social media for marketing a brand. This type of research is an explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were Instagram followers @UniqloIndonsia with a sample of 100 people. The data source was obtained from primary data by distributing online questionnaires. This study used linear analysis with the help of SPSS 22 software. Respondents in this study consisted of 48 men and 52 women. Based on their age, 74% of respondents were 20-25 years old and 26% 25-30 years old. Based on the activities of the respondents, it was found that 44% of respondents were private employees, 25% students, 19% self-employed, while the rest were state-owned employees, civil servants, as well as students who were self-employed as much as 12%. Based on their domicile, respondents are spread across Jakarta 43%, East Java 24%, West Java 15%, Sumatra 7%, Tangerang 6%, Central Java 5%. With average income ranging from Rp. 2,500,001 - Rp. 5,000,000 as much as 55%. The results of this study indicate that Social media marketing has a significant effect on purchasing decisions with a regression coefficient of 0.502 and a significant t of 0.000. This result show that Social media marketing can explain around 50.2% of dependent variabel, in this case is Purchasing Decision. The results of this study indicate that Social media marketing has a significant effect on purchasing decisions with a regression coefficient of 0.502 and a significant t 0.000. So that Social media marketing is able to explain the dependent variable, namely the Purchase Decision (Y) of 50.2%. Item content creation has the greatest influence on social media marketing variables with an average value of ix 4.00 out of 100 respondents. Meanwhile, the brand image item in the purchasing decision variable has the highest average value of 100 respondents, namely 4.01, which shows that brand image is very influential on purchasing decisions.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052103 |
Uncontrolled Keywords: | Social media marketing, Keputusan Pembelian, Social media marketing, Purchase Decision |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username nurmasudah |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 04:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185744 |
![]() |
Text
Reyhan Arissaputra.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |