"Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pengunjung (Survei Pada Pengunjung Air Terjun Si Piso Piso, Kab Karo)"

Brahmana, Oga Jeremia (2021) "Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pengunjung (Survei Pada Pengunjung Air Terjun Si Piso Piso, Kab Karo)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Pariwisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasan, mengetahui sesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, berziarah dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh signifikan Bauran Pemasaran Parawisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pengunjung. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini dilakukan dengan memilih responden atau wisatawan yang pernah mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari hasil jawaban responden dengan teknik membagikan kuesioner secara online pada 100 responden. Penelitian ini ditentukan menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik sampel mengguakan Purposive Sampling dengan kriteria inklusi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi jalur (path analysis). Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 21%, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 60%, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung sebesar 23%, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung sebesar 26%, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung sebesar 37%. "

English Abstract

Tourists is an activity of traveling with a purpose, seeking satisfaction, knowing something, improving health, enjoying sports or rest, making pilgrimages and others. This study aims to determine and measure significantly the Marketing Mix and Service Quality to Customer Satisfaction and its Impact on visitor Loyalty. This research was conducted in Kabupaten Karo, Sumatera Utara. This study uses a survey research type with a quantitative approach and this research is conducted by selecting respondents or tourists who have visited the Sipiso-piso waterfall. The Data used in this study is primary data. Primary data is obtained from the results of respondent’s answers by distributing online questionnaires to 100 respondents. This study was determined using NonProbability Sampling with the sample technique using Purposive Sampling with inclusion criteria. Used in this study is path analysis. The results of this study show that the marketing mix has no significant effect on customer satisfaction by 21%, service quality has a significant effect on customer satisfaction by 60%, marketing mix has a significant effect on visitor loyalty by 23%, service quality has a significant effect on visitor loyalty by 26%, and customer satisfaction has a significant effect on visitor loyalty by 37%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pengunjung, Marketing Mix, Service Quality, Customer Satisfaction, Visitor Loyalty
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 03:37
Last Modified: 22 Feb 2022 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185729
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Oga Jeremia Brahmana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item