Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Layanan Transaksi Non Tunai (Studi Kasus Pada Soponyono Swalayan Kota Kraksaan Kab. Probolinggo).

Fathoni, Muhammad (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Layanan Transaksi Non Tunai (Studi Kasus Pada Soponyono Swalayan Kota Kraksaan Kab. Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sopoyono merupakan toko swalayan yang menjual produk-produk makanan dan perlengkapan rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana (1) Pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan layanan transaksi non tunai dan (2) Pengaruh persepsi kegunaan terhadap penggunaan layanan transaksi non tunai. Jenis Penelitian yang digunakan ini merupakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Variabel yang digunakan yaitu Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi Kegunaan (X2), dan Penggunaan layanan (Y). Populasi penelitian ini yaitu seluruh konsumen pengguna layanan transaksi non tunai di Sopoyono. Teknik pengambilan sampel secara Insedental Sampling (Convenience Sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan jumlah responden dalam penelitian yaitu 96 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda dengan alat analisis SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel, persepsi kemudahan (X1) dan persepsi kegunaan (X2) berpengaruh terhadap variabel penggunaan layanan transaksi non tunai di Sopoyono. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan dapat mempengaruhi penggunaan layanan transaksi non tunai di Sopoyono.

English Abstract

Sopoyono is a supermarket that sells food products and household goods. The purpose of this study is to analyze how (1) the effect of perceived convenience on the use of non-cash transaction services and (2) the effect of perceived usefulness on the use of non-cash transaction services. This type of research is a type ofexplanatory research. The variables used are perceived convenience (X1), perceived usefulness (X2), and service use (Y). The population of this research is all consumers who use non-cash transaction services in Sopoyono. The sampling technique is Incidental Sampling (Convenience Sampling). The method of data collection was done by distributing questionnaires and the number of respondents in the study was 96 people. The data analysis method used is Multiple Linear Analysis Regression with SPSS analysis tool 16. The results showed that the variables, perceived ease (X1) and perceived usefulness (X2) effect on the variable use of the services of non-cash transactions in Sopoyono. Based on the results of the study, it can be concluded that perceived convenience and perceived usefulness can affect the use of non-cash transaction services in Sopoyono.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Penggunaan Layanan Transaksi, : Perception of Ease, Perception of Usability, Use of Transaction Services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 02:05
Last Modified: 01 Mar 2022 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185697
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD FATHONI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item