Gusnan, Zahrah Kemala (2021) Analisis Akar Masalah Kecurangan Akademik Plagiarisme Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar masalah dari kecurangan akademik plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan kepada Mahasiswa akuntansi yang pernah melakukan plagiarisme saat mengerjakan tugas perkuliahan selama pandemi Covid-19. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan Root Cause Analysis menurut Bjorn Andersen dan Tom Fagerhaug. Dengan metode 5 whys analysis sebagai alat yang dapat mengetahui kemungkinan penyebab dalam rangka menemukan akar masalah terjadinya plagiarisme dalam mengerjakan tugas perkuliahan di jurusan akuntansi. Pemahaman terhadap akar penyebab plagiarisme dalam mengerjakan tugas perkuliahan akan menghasilkan rekomendasi yang tepat guna mencegah permasalahan serupa terulang kembali. Berdasarkan hasil 5 whys analysis diperoleh empat akar penyebab, tiga akar masalah dominan diantaranya antara lain, ingin cepat lulus kuliah, terdapat dosen yang melakukan perkuliahan daring hanya melalui fitur asinkron tanpa penjelasan secara langsung, dan tidak ada dorongan untuk belajar. Adapun usulan perbaikan untuk mengatasi akar penyebab dari studi kasus ini adalah 13 usulan perbaikan yang diajukan kepada beberapa pihak, yakni Jurusan, Dosen, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, dan Mahasiswa yang diharapkan dapat bersinergi mengurangi dan mencegah kecurangan akademik plagiarisme.
English Abstract
This study aims to determine the root cause of academic plagiarism by students in their assignments during the Covid-19 pandemic. This study employs qualitative case study approach, where the data are collected through interviews with accounting students committing plagiarism in their assignments. The data are analysed by Root Cause Analysis according to Bjorn Andersen and Tom Fagerhaug. The 5 Whys Analysis method is utilized as a tool to explore the root cause of plagiarism among accounting students in their assignments. Relevantly, understanding the root causes of the plagiarism will provide the factual recommendations to prevent similar problems. The 5 Whys Analysis reveals four root causes, three are dominant, such as the desire to gradate quickly, lecturers who only conduct asynchronous classes without synchronous lecture sessions, and lack of studying motivation. As such, 13 improvement recommendations—for addressing the root causes of this case study—to the department, lecturers, accounting student association, and students are expected to synergize in alleviating and preventing plagiarism.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052102 |
Uncontrolled Keywords: | Kecurangan Akademik, Plagiarisme, Analisis Akar Masalah, 5 whys analysis |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 16:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185692 |
Text
Zahrah Kemala Gusnan.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |