Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sambal Mbok Bariah Di Kota Malang)

Sampita, Wika Dwi (2021) Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sambal Mbok Bariah Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran online merupakan upaya yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempertahankan usahanya disaat maraknya pengguna media sosial dan pandemi Covid19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengurangi aktivitas keluar rumah. Objek dalam penelitian ini adalah Sambal Mbok Bariah yang merupakan usaha kuline sambal instan di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan penjualan dengan strategi pemasaran online. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran online efektif untuk meningkatkan penjualan dan melalui SWOT analysis dapat diketahui adanya pilihan strategi untuk meningkatkan penjualan.

English Abstract

Online marketing is an effort taken by companies to maintain their business amidst the popular use of social media and the Covid-19 pandemic situation, which require people to stay at home and reduce outdoor activities. The object of this research is Sambal Mbok Bariah, a brand of instant sambal in Malang city. The purpose of this qualitative study is to identify and analyze how online marketing strategy increase sales through Segmenting, Targeting, and Positioning (STP) and marketing mix suing case study. The focus of this research is obstacles encountered by the brand, the application of strategy, and sales development using online marketing. The primary data was obtained from interviews, and the secondary comes from documents, journal, etc., and SWOT analysis was conducted. This study finds that online marketing is effective to increase sales and that SWOT analysis is useful to highlights options of strategies to increase the sales.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052102
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Online, Penjualan, Segmenting, Targetting, Positioning, Marketing Mix, SWOT Analysis, : online marketing strategy, sales, segmenting, targeting, positioning, marketing mix, SWOT analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 23 Oct 2021 16:32
Last Modified: 08 Oct 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185690
[thumbnail of WIKA DWI SAMPITA..pdf] Text
WIKA DWI SAMPITA..pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item