Analisis Dampak Pembelajaran Daring Teks Persuasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMIPT BIC Kota Pasuruan Tahun Ajaran 2020/2021

Khulud,, Yaumul. (2021) Analisis Dampak Pembelajaran Daring Teks Persuasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMIPT BIC Kota Pasuruan Tahun Ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 merupakan perpindahan dari sistem pembelajaran konvensional yang tiba-tiba dan dilakukan dengan tergesagesa untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring yang tidak diduga sebelumnya memberikan dampak pada psikologis siswa, khususnya minat belajar siswa. Pembelajaran teks persuasi pada kelas VIII SMPIT BIC Kota Pasuruan dalam penelitian ini dilaksanakan secara daring atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh. Dengan kondisi siswa yang heterogen, siswa terdampak adanya pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi ini. Pada penelitian ini, fokus utamanya adalah penerapan pembelajaran daring dan dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPIT BIC Kota Pasuruan. Pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pendidik Bahasa Indonesia kelas VIII dan hasil penyebaran angket pada siswa salah satu kelas VIII yang melaksanakan pembelajaran daring dari rumah. Dalam menganalisis data studi kasus ini, peneliti menggunakan analisis data kualitatif model interaktif yang digagas oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan; (1) penerapan pembelajaran daring yang sudah cukup inovatif dan variatif dari pendidik baik dari metode maupun media pembelajarannya, juga dengan dukungan e-learning yang dibuat sekolah dengan fitur pendukung pembelajaran yang lengkap mengefektifkan pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru dan siswa; (2) dampaknya terhadap minat belajar meliputi: a) siswa lebih menyukai pembelajaran teks persuasi secara tidak daring karena dengan pembelajaran daring siswa merasa kesulitan untuk memahami materi, b) siswa tetap memiliki kemauan, kegigihan, dan ketekunan dalam belajar dikarenakan tingginya kesadaran siswa terhadap perlunya pembelajaran daring di masa pandemi dan juga didukung dengan strategi yang diaplikasikan pihak sekolah agar pembelajaran daring tetap interaktif, c) lebih banyak siswa yang memberikan perhatian/respons yang baik saat pembelajaran daring berlangsung, d) lebih banyak siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara daring

English Abstract

Online learning during the Covid-19 pandemic was a sudden shift from the conventional learning system to break the chain of spreading the Covid-19 virus. The implementation of online learning has an impact on students' psychology, especially students' interest in learning. In this study, learning persuasive texts was carried out online learning or commonly called distance learning. This study concern on the application of online learning and attention to the learning interest of class VIII SMPIT BIC Pasuruan City. Qualitative approach and descriptive analysis were used in this study. The research data was obtained from interviews with Indonesian language educators in class VIII and the result of distributing questionnaire to students of class VIII who carried out learning from home. In analyzing the data of this case study, the researcher used an interactive qualitative model of data analysis which was initiated by Miles and Huberman. The results showed; (1) the application of online learning that is already quite innovative and varied from educators both in terms of methods and learning media, also with the support of e-learning made by schools with complete learning support features to streamline the implementation of online learning for teachers and students; (2) interest in learning includes: a) students prefer persuasive texts offline because with online learning, students find it difficult to understand the material, b) students still have the persistence and perseverance in learning student awareness of the need for online learning during a pandemic. It also supported by the strategies implemented by the school so that learning remains interactive, c) more students give good attention/response during learning, d) more students are actively involved in online learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 13:49
Last Modified: 23 Feb 2022 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185662
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yaumul Khulud.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item