Pengaruh Destination Image Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Pada Minat Berkunjung Ulang (Survei Pada Wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu)

Sahroni, Mohamad (2021) Pengaruh Destination Image Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Pada Minat Berkunjung Ulang (Survei Pada Wisatawan Jawa Timur Park 2 Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

" Keberhasilan Jawa Timur Park 2 Kota Batu menempati peringkat ke 3 sebagai tempat wisata dengan jumlah kunjungan terbanyak tahun 2019 di Kota Batu tidak lantas membuat posisinya akan selalu bertahan. Persaingan bisnis di bidang pariwisata kebun binatang sejenis seperti Taman Safari II Prigen berpeluang untuk menggeser kepopuleran wisata Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 wisatawan dengan usia minimal 17 tahun, pernah berkunjung ke Jawa Timur Park 2 Kota Batu minimal 1 kali, dan pernah berkunjung ke Jawa Timur Park 2 dengan rentang waktu Januari 2016 - Januari 2020 (4 tahun terakhir). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan survei melalui kuesioner. Uji validitas insturumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS 21.0 version. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Destination Image (X) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan (Y1) karena memiliki nilai probabilitas (0,000) < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan, variabel Destination Image (X) berpengaruh positif terhadap Minat Berkunjung Ulang (Y2) karena memiliki nilai probabilitas (0,003) < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan, dan variabel Kepuasan Wisatawan (Y1) berpengaruh positif terhadap Minat Berkunjung Ulang (Y2) karena memiliki nilai probabilitas (0,000) < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan."

English Abstract

The success of Jawa Timur Park 2 Kota Batu being ranked 3rd as a tourist spot with the highest number of visits in 2019 in Kota Batu does not necessarily make its position will always survive. Business competition in the field of zoo tourism such as Taman Safari II Prigen has the opportunity to shift the popularity of Jawa Timur Park 2 Kota Batu. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The sample in this study was 97 tourists with a minimum age of 17 years, had visited Jawa Timur Park 2 Kota Batu at least 1 time, and had visited Jawa Timur Park 2 Kota Batu with a time span of January 2016 - January 2020 (last 4 years). The sampling technique used in this study is non-probability sampling by purposive sampling. Methods of data collection by using a survey through a questionnaire. The instrument validity test uses the Product Moment correlation formula, while the reliability test uses Cronbach's Alpha. The data analysis used is descriptive analysis and path analysis using SPSS 21.0 version software. The results show that the Destination Image (X) variable has a positive effect on Tourist Satisfaction (Y1) because it has a probability value (0.000) <0.05 which means there is a significant effect, the Destination Image (X) variable has a positive effect on Interest to Revisit (Y2) because it has a probability value (0.003) <0.05 which means there is a significant effect, and the Tourist Satisfaction variable (Y1) has a positive effect on Interest to Revisit (Y2) because it has a probability value (0.000) <0.05 which means there is an influence significant.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Kepuasan Wisatawan, Minat Berkunjung Ulang, Destination Image, Tourists Satisfaction, Interest to Revisit
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 23 Oct 2021 13:17
Last Modified: 23 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185641
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohamad Sahroni.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item